Peringati HUT ke-193 Kota Kendari, Dispora Kendari Gelar Lomba Pidato Bahasa Daerah selama Dua Hari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari pada 9 Mei 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kendari menggelar Lomba Pidato Bahasa Daerah yang dilaksanakan di Aula Teporombua Balaikota Kendari, Selasa (7/5/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dispora Kota Kendari Hery Ashak.

Pelaksanaan lomba pidato bahasa daerah akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 7-8 Mei 2024.

Plt Dispora Kota Kendari Hery Ashak dalam sambutannya mengungkapkan, lomba Pidato Bahasa Daerah ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan lomba-lomba dalam rangka Semarak HUT ke-193 Kota Kendari.

“Disamping memeriahkan HUT Kota Kendari, tujuan pelaksanaan lomba ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada pelajar dan peserta didik untuk menyalurkan talenta dan skilnya dalam berpidato bahasa lokal Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kota Kendari ini juga mengatakan, sebanyak 57 peserta mengikuti lomba untuk memperkenalkan bahasa daerah di Kota Kendari sebagai kearifan lokal dan budaya leluhur.

“Dari jumlah peserta yang terdaftar lomba pidato bahasa daerah masing-masing akan menunjukkan skil dalam berbahasa daerah seperti Tolaki, Muna, Buton dan Moronene,” tambahnya.

Dia mengharapkan lomba ini bisa terlaksana dengan baik, kekompakan harus dijaga dan sportifitas dalam pelaksanaan lomba.

Melalui lomba ini, pihaknya juga ingin mengajak seluruh masyarakat Kota Kendari terutama para pemuda dan pemudi untuk semakin mencintai melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya dan bahasa daerah kita sendiri, sebab bahasa daerah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari identitas sebagai bangsa.

“Dalam era globalisasi ini pelestarian dan pengembangan bahasa daerah menjadi semakin penting agar kita tidak kehilangan akar dan jati diri sebagai bangsa,” harapnya.

Untuk diketahui, turut hadir para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkot Kendari dan peserta lomba.

Pada moment peringatan HUT ke193 Kendari tahun ini, Pemkot Kendari melakukan berbagai kegiatan diantaranya perlombaan permainan tradisional, penanaman pohon, aksi bersih pantai, sunatan massal,  lomba karaoke antar pimpinan OPD, dan berbagai lomba lainnya.(adv)

 

  • Bagikan