Pencapaian Prestasi Berkarier Dinilai Sukses, LAN RI Tunjuk Sekda Sultra Jadi Pembicara

  • Bagikan

Makassar, Sibernas.id – Dinilai sukses atas pencapaian prestasi dalam berkarier maka Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar menunjuk secara langsung Sekda Sultra, Drs. H Asrun Lio untuk menjadi pembicara pada talkshow bertajuk “leadership talks: berbagi pengalaman dalam menjalankan tugas dan pengabdian terbaik untuk bangsa”, Rabu (18/9/2024), bertempat di Kampus Puslatbang KMP Makassar.

Kapuslatbang KMP LAN Makassar, Dr. Andi Taufik.,M.Si mengatakan, sehubungan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Tahun LAN dan HUT ke-79 RI, maka Puslatbang KMP LAN RI menggelar kegiatan alumni menyapa LAN (Alumni Menyala), termasuk diantaranya kegiatan talkshow, dengan menghadirkan Sekda Sultra sebagai pembicara.

“Kami sangat senang dan bangga atas pencapaian prestasi Bapak Drs H Asrun Lio MHum PhD dalam berkarier, sehingga melalui kegiatan ini, kami meminta kesediaan untuk menjadi pembicara,” tuturnya.

Dia melanjutkan, Alumni Menyala merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Puslatbang KMP, dengan maksud untuk membangun silaturahim dengan para alumni yang telah menunjukan dedikasi dan prestasinya, dalam pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara, dalam menjalankan karier di organisasi masing-masing.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para alumni berkenan berbagi pengalaman memimpin dan menularkan kiat strategi kepemimpinan di tengah stakeholder, dalam mengatasi beragam tantangan di era disruptif,” katanya lagi.

Dia melanjutkan, diharapkan pula dapat membangun budaya kerja yang produktif dan memproduksi beragam terobosan inovatif yang berorientasi pada penciptaan nilai bagi masyarakat, serta tidak lupa juga berbagi pengalaman belajar di Kampus Puslatbang KMP yang berkontribusi atas kapasitas kepemimpinan dimiliki.

Dia menambahkan, kegiatan Alumni Menyala dilakukan secara luring dan daring, dengan target peserta, pertama peserta dan alumni pelatihan kepemimpinan Nasional TK II,PKA, PKP, dan Lastar CPNS. Kedua, ASN Indonesia secara umum.

Sementara itu, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD saat memulai pemaparannya selaku pembicara dalam acara tersebut, lebih dulu menjabarkan tentang curriculum vitae pribadinya, mulai dari berbagi kontak person, alamat tempat tinggal maupun sosial media dimiliki, perjalanan pendidikan, dan pengalaman mengajar hingga jabatan yang pernah geluti baik saat di dunia akademisi termasuk di birokrasi pemerintahan.

Sekda Sultra ini juga mengungkapkan sejumlah pengalaman pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang pernah dijalani, pengalaman organisasi, pretasi pernah diraih, termasuk jaringan-jaringan yang telah dibangun baik bersifat skala nasional hingga internasional. Kesempatan itu pula, sederet tulisan buku yang kemudian dijadikan literasi pendidkan dan kebudayaan ditampilkan.

Dalam kegiatan tersebut, Sekda Sultra menyampaikan beberapa achievement selama bertugas di Provinsi Sulawesi Tenggara. Termasuk memberikan penjabaran atas pengaruh pembelajaran pelatihan kepemimpinan, dalam pelaksanaan tugas serta jabatan.

Jenderal ASN Sultra ini juga berbagi strategi komunikasi, dalam membangun kerjasama tim dan stakeholder. Tak lupa bagaimana tantangan dan solusi dalam memimpin organisasi dengan berbagai karakter tim.

Sesuai permintaan dari Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar, Alumni PKN Tingkai I Lembaga Administrasi Negara ini pun memberikan pesan sekaligus pengingat bagi semua, termasuk dirinya pribadi.

“Sebagai ASN, kita adalah pelayan masyarakat. Bekerjalah dengan integritas, profesionalisme, dan semangat melayani. Teruslah belajar, berinovasi, dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Jaga nama baik ASN dan bersama-sama kita wujudkan Indonesia yang lebih baik,” pesan Sekda Sultra ini.

  • Bagikan