Pemprov Sultra Gelar Upacara Peringatan HUT ke-60 Sultra Berjalan Khidmat

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sultra berjalan khidmat, dipimpin langsung Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Bhudi Revianto, berlangsung di Pelataran Kantor Gubernur Sultra pada 27 April 2024).

Diawali pengecekan pasukan upacara oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra yang kemudian pembacaan sejarah terbentuknya Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) (https://sekretariatdprdprovsultra.blogspot.com/p/perlengkapan-asset.html ). Pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara ditetapkan sebagai Daerah Otonom berdasarkan Perpu No. 2 tahun 1964 Juncto UU No.13 Tahun 1964

Hadir dalam HUT Provinsi Sultra tersebut, Anggota DPR RI Ir. Hugua, Forkopimda Sultra, Ketua dan Wakil Ketua 2 dan Para Anggota DPRD Provinsi Sultra, Sekda Sultra, Ketua DPRD Kab/Kota se-Sultra, Bupati/Walikota se-Sultra, Para Sekda Kab/Kota se-Sultra, Komandan TNI se-Sultra, Para Pimti Pratama Lingkup Pemprov Sultra, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Ketua KI Sultra dan Pejabat terkait. Adapun Peserta Upacara yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN, BNPB, Polisi Kehutanan serta Perwakilan Siswa dan Siswi SMA/SMK Negeri.

Acara dilanjutkan dengan penghormatan Lambang Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemberian Satyalancana Karya Satya sesuai Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI), Nomor: 114/TK/Tahun/2023 tentang Penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya yang ditandatangani pada tanggal 06 November 2023, berikut nama-nama penerima:

1. Dudi Cahynto Pidani., S. Sos, Jabatan sebagai Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sultra dengan masa kerja 30 tahun

2.Subaedi Toba, S. TP., M. Si, Jabatan Kasi. Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra 30 tahun

3. Usnia, M. A.Md.Keb.SKM, M.KM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra 30 Tahun

4. Dra. Hj. Fauziah ZA, Analisis Kesejahteraan Aparatur SDM Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sultra 30 Tahun

5. Martinus Rorrong Padaunan, Jabatan Pengadministrasi Umum Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sultra 20 Tahun

6. Dr. Laode Muh. Al Basyir Yamin Putra, SSTR., M. Si, Jabatan Kabid. Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sultra, masa kerja 20 tahun

7. Maswiah Larisu, S. Pd., M. Pd, Guru Madya SMAN 3 Raha Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, 20 Tahun

8. Dra. Jusmaniar, Pengawas sekolah madya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, 20 Tahun

9. Rafiuddin Ringkoda Madya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, 10 tahun

10. Lamponga, Petugas Administrasi Kepegawaian Badan Kesatuan bangsa dan politik Provinsi Sultra, 10 Tahun

11.Syafiat Musi., S.Pd., M. Pd, Kepala Sekolah SMAN 2 Raha Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, 10 tahun

12. Andriani Widyastuti., S.P, Pemeriksaan pupuk dan pestisida Dinas Perkebunan dan Holtikultura Provinsi Sultra.

Pada sambutannya, Pj. Gubernur Sultra Andap mengatakan bahwa pada hari ini, saya menggugah diri saya sendiri dan semoga juga dapat menggugah saudara semua, khususnya aparat Pemda, Para Wakil Rakyat dan Birokrasi lainnya yang merupakan bagian dari Pemerintahan Provinsi Sultra menjadi pelayanan publik karena hasil pengorbanan para pendahulu kita maknai dengan sebaik-baiknya untuk merefleksikan kembali pemahaman dan pemikiran kita semua sebagai anak bangsa yang berada di Sulawesi Tenggara.

“Sangat bangga dan menaruh harapan pada semua Pelayan Publik untuk berani melakukan kritik diri, untuk lebih mampu membangun diri serta menjadi pribadi yang sadar menjadi pelayan publik yang memiliki kesadaran, bahwa kita adalah manusia-manusia yang diberi kesempatan berharga oleh Allah SWT yang telah memilih kita sebagai abdi negara dan sudah seharusnya kita mendedikasikan hidup untuk kehidupan yang lebih baik,”ujarnya.

Sultra menjadi makro jalan perjuangan untuk melahirkan kesejahteraan di 1.908 desa dan 379 kelurahan. Kesejahteraan rakyat di 22 kecamatan, 15 Kabupaten dan 2 Kota.

“60 tahun ini Sultra, saatnya seluruh pelayanan publik untuk bangkit menyatukan diri, bersama kita asah empati kita, mari kita bangun komitmen, kita cambukkan diri untuk lebih bersungguh-sungguh dalam bekerja, bersama kita berkomitmen membangun Sultra untuk kemaslahatan 2.726.590 (Dua Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Enam Lima Ratus Sembilan Puluh) jiwa rakyat yang hidup dan menghidupi 590 pulau yang berada di tempat kita Sulawesi Tenggara,” tuturnya.

“Saatnya di usia 60 tahun Sultra, menjadi tonggak kita bersama untuk sebarkan energi positif, siarkan kebenaran dan kebaikan melalui tugas dan jabatan yang kita emban dan jabatan ada masanya, usia pun ada saatnya. Mari kita tinggalkan legacy kebaikan dan kesejahteraan bagi Sultra,”tutupnya.

Perayaan tahun 2024 ini, HUT ke 60 Sultra kali pertama menampilkan anak-anak TK di acara hiburan yang menampilkan yel-yel dan kalimat-kalimat penyemangat di hari penting ini.

  • Bagikan