Pemkot Kendari Raih Penghargaan GFS Awards 2023 Kategori Mitra Kerja Terbaik Pemerintah Kota

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id– Pemerintah Kota Kendari sukses meraih penghargaan Government Finance Statistics (GFS) Awards 2023 dalam kategori Mitra Kerja Terbaik Pemerintah Kota.

Penghargaan ini diserahkan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi Kota Kendari dalam penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 238/PMK.05/2011 dan PMK Nomor 189/PMK.05/2018.

Acara penghargaan berlangsung pada Kamis, 12 September 2024 di Aula Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara, dihadiri oleh Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kendari, Farida Agustina yang mewakili Kota Kendari menerima penghargaan tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, turut mengapresiasi penghargaan ini dan menyampaikan rasa bangga atas pencapaian tersebut.

“Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Kota Kendari mampu menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Kami berharap penghargaan ini memotivasi seluruh perangkat daerah untuk terus berinovasi dan bekerja dengan lebih baik dalam pengelolaan keuangan publik,” ujar Pj. wali kota

Kepala Kanwil DJPb Sulawesi Tenggara, Syarwan, dalam sambutannya menekankan pentingnya GFS untuk mendukung kebijakan fiskal yang akuntabel di daerah.

“Kami berharap penghargaan ini dapat memperkuat kerja sama antara DJPb dan pemerintah daerah dalam menciptakan pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan bertanggung jawab,” ujar Syarwan.

Pemateri lain dalam acara tersebut, Ingelia Puspita dari Dit. APK DJPb, memberikan paparan mengenai isu-isu terkini terkait GFS. BPK Sulawesi Tenggara juga turut hadir melalui Nury Hardiyanto yang memaparkan peran BPK dalam pengawasan laporan keuangan daerah. Acara ditutup dengan presentasi dari Agastya Vitadhani, Kasi ASPLK Kanwil DJPb, dan Yoga Arif P., Kasi PPA IIB, mengenai potensi investasi daerah.

Melalui penghargaan dan diseminasi GFS ini, diharapkan pemerintah daerah dan pusat dapat terus berkolaborasi untuk memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara, demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, penghargaan serupa diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (peringkat I), Kabupaten Konawe Utara (peringkat II), dan Kabupaten Buton Selatan (peringkat III) untuk kategori Mitra Kerja Terbaik Pemerintah Kabupaten.

Penghargaan lain juga diberikan untuk kinerja terbaik dalam penyaluran dan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa Semester I Tahun Anggaran 2024. Kabupaten Konawe Selatan menduduki peringkat pertama untuk DAK Fisik, diikuti oleh Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Wakatobi. Sedangkan Kabupaten Konawe meraih peringkat pertama dalam kategori Dana Desa, disusul oleh Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Wakatobi.

  • Bagikan