Pemkab Kolut Gelar Bimtek Penguatan Penyusunan LPPD 2022 di Jakarta

  • Bagikan

Kolut, sibernas.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Penguatan Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Kolut Tahun 2022, yang dilaksanakan mulai 2-5 Maret 2023, bertempat disalah satu Hotel di Jakarta

Kegiatan Bimtek itu, dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi. Turut hadir Direktur Evaluator Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Dirjen OKDA Kemendagri RI Dr. Deddy Winarwan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kolut Parinringi mengatakan, kegiatan ini teramat penting karena walau berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, tapi jika nilai LPPD masih rendah maka dianggap masih kurang,

“Saya berharap agar OPD saling dukung dalam program-program pemerintah, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar OPD, sehingga poin-poin penilaian LPPD bisa diselesaikan dengan baik,”harapnya.

Ia menjelaskan LPPD merupakan Rapor Kinerja Penyelenggara Pemerintahan Daerah yang harus dipahami berupa penginputan, pengumpulan data dan pemahaman penyelenggaraan daerah.

“Makanya perlu peningkatan SDM seperti Bintek yang kita laksanakan ini dan kegiatan peningkatan kapasitas SDM terutama ASN akan kita laksanakan secara berkesinambungan,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut Dr. Taupiq mengatakan, selama ini LPPD kami anggap laporan bisa saja namun kenyataanya merupakan representasi seluruh kinerja pemerintah daerah.

“Makanya kita ingin mendekatkan dengan sumber dimana evaluasi LPPD dilaksanakan. Narasumber kita merupakan evaluasi yang mengevaluasi laporan kita sehingga pembimbingnya juga bisa langsung dan narasumber ini sulit bagi kami untuk mendatangkan mereka ke daerah secara bersamaan mengingat waktu mereka yang sulit disesuaikan, dengan alasan itulah Bintek ini diselenggarakan di Jakarta dan perlu kita ketahui kalau laporan kita masih banyak kekurangannya, makanya hal tersebut akan kita benahi segera mengisi indikator yang jadi penilaian setelah teman-teman mendapatkan pengetahuan dari Bintek ini,”terangnya.

Untuk diketahui, Dalam pembukaan kegiatan itu, Dirjen OKDA Kemendagri RI Dr. Deddy Winarwan menyampaikan, bahwa berdasarkan LPPD Kolaka Utara berstatus kinerja sedang dengan posisi 6 di Sultra dan 126 secara Nasional.

  • Bagikan