Pangdam XIV/Hasanuddin Resmikan Kodim 1431/Bombana

  • Bagikan

Bombana, sibernas.id – Senin (30/10/2023) bertempat di Desa Hukaea Kecamatan Rarowatu Utara, Markas Kodim (Makodim) 1431/Bombana Korem 143/Halu Oleo dan Alih Kodal 3 Koramil dari Kodim 1413/Buton kepada Kodim 1431/Bombana, diresmikan langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso.

Turut dihadiri oleh Forkopimda Bombana, Sekda Kab. Bombana, para Kepala OPD dan Camat, Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan terhadap Komandan Kodim (Dandim) 1431/Bombana kepada Letkol Inf. Andi Irfandi, S.I.P, yang sebelumnya menjabat Dansecaba Rindam XIV/Hasanuddin dan pengangkatan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 64 Kodim 1431 Koorcabrem 143 PD XIV/Hasanuddin kepada Ny. Andi Irfandi.

Pembentukan Kodim baru ini, merupakan bentuk antisipasi dengan perkembangan lingkungan strategis serta ancaman aktual maupun potensial khususnya di wilayah Prov. Sultra agar berkembang semakin komplek dan dinamis, serta untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok TNI di bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dalam sambutannya, Mayjen Totok menjelaskan bahwa di usia Kab. Bombana yang ke-20 tahun, hingga saat ini belum memiliki pangkalan militer dan hanya memiliki satu satuan tingkat Komando Rayon Militer (Koramil).

“Alhamdulillah suara kami didengar, karena Kab. Bombana merupakan salah satu Kabupaten strategis baik di tinjau dari letaknya, maupun dari potensi Sumber Daya Alam (SDA). Tentunya perlu situasi keamanan yang harus kondusif, nyaman dan tentram,” kata Mayjen Totok.

Dia berharap, warga sekitar dapat menerima keberadaan Kodim baru ini dan mampu bersama-sama memanfaatkan dengan baik, serta menjalin koordinasi dan komunikasi guna menciptakan situasi keamanan yang nyaman dan tentram bagi masyarakat Bombana, terlebih ke depan dalam menghadapi pesta demokrasi rakyat 2024.

“Saya minta Kodim ini dijadikan rumah sendiri, jangan takut sama pak Dandim, silahkan diskusi tapi untuk hal positif bukan untuk aneh-aneh. Kontributif untuk negara dan bangsa yang kita cintai bersama, kita harapkan juga Pemilu di Bombana berjalan dengan aman dan lancar dengan kehadiran Kodim baru menambah kekuatan sinergitas Forkopimda Kabupaten dan meningkatkan kualitas kinerja,”pintanya.

Untuk diketahui, melalui kegiatan ini juga dilakukan penyerahan 10 unit Sepeda Motor dan 1 Kendaraan Dinas Dandim, penyerahan bantuan Dana ATK dan operasional Kodim 1431/Bombana oleh Pangdam, serta bantuan perlengkapan Persit dari Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin Ny. Desi Totok Imam.

Selain itu, Jenderal bintang dua lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini, menyerahkan bantuan Sembako kepada kaum Dhuafa, Stunting, Masyarakat sekitar satuan, serta bantuan Dana Lansia Tangguh.

  • Bagikan