Musim Penghujan, Dinkes Konsel Minta Masyarakat Waspada Penyakit DBD 

  • Bagikan

Konsel, sibernas.id – Musim penghujan awal tahun 2024 masyarakat Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diminta untuk mewaspadai penularan penyakit melalui jentik nyamuk. Penyakit menular yang biasa disebut Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini telah mewabah termasuk di Konsel. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel terlebih dulu melakukan antisipasi dengan kesiap siagaan di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Pemerintah telah melakukan himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai munculnya wabah DBD. Untuk itu pemerintah melalui Dinas Kesehatan telah melakukan sejumlah upaya termasuk pemberian abate kepada warga. Selain itu kesiap siagaan Puskesmas dan Rumah Sakit juga demikian,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr Boni L Pramana disela-sela konferensi pers bersama awak media di Kantor Bupati Konsel, Rabu, (17/01/2024).

Menurutnya wabah penyakit DBD di wilayah Konawe Selatan khususnya di sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit telah dilakukan penanganan medis sehingga dapat tertangani dengan baik, termasuk kesiapan rawa inap, jika ada warga yang tertular penyakit DBD.

“Seluruh Puskesmas di wilayah Konsel telah memberikn himbauan untuk mewaspadai DBD. Kepada warga diingatkan untuk melakukan bersih bersih pekarangan. Menutup bak dan barang bekas yang biasa tempat berkembang biak jentik nyamuk. Membuang sampah pada tempatnya dan lainnya,”katanya.

Terkait kesiapan perawatan untuk penanganan pasien yang terinfeksi DBD, mantan Dirut RSUD Konsel ini mengaku selalu siap, mulai perawatan, pengobatan dan lainnya.

“Semua Puskesmas dan Rumah Sakit selalu siap sedia untuk memberikan pelayanan kesehatan, termasuk jika ada pasien yang terjangkit DBD,”tandasnya.

  • Bagikan