Manasik Haji di Koltim, Kakanwil Tegaskan Siap Menyukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023

  • Bagikan

Koltim, sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muhamad Saleh menegaskan pemerintah melalui Kementerian Agama siap menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1444 H/2023 M.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil saat menyampaikan sambutan pada kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Senin (22/5).

Dikatakan, dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji, pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan kepada jemaah haji secara intensif.

“Menjadi kewajiban kami untuk memberikan pembinaan dalam bentuk bimbingan manasik haji secara intensif baik ditingkat Kabupaten dan Kecamatan yaitu Pemberian manasik haji 10 Kali, 2 Kali tingkat Kabupaten dan 8 kali ditingkat Kecamatan,” ungkapnya.

Meskipun demikian, hal ini dipandang belum mencukupi untuk mengetahui tentang masalah perhajian. Olehnya itu Kakanwil juga berharap jemaah, haji tidak hanya sekedar mengikuti manasik yang diberikan oleh Kementerian Agama namun juga mengakses media pendukung untuk menambah wawasan perhajian.

“Silahkan bapak ibu bisa mengakses materi materi manasik dari media yang lainnnya untuk menambah wawasan pengetahuan tentang Haji menjadi sempura dan utuh ,mengingat bapak dan ibu sudah menunggu cukup lama untuk dapat berangkat ke tanah suci, butuh waktu 10 sampai dengan 12 tahun dan rata rata yang berangkat tahun ini adalah jemaah pendaftar pada tahun 2012,” ucap Kakanwil.

Ia mengharapkan kepada bapak dan ibu untuk mengikuti manasik secara seksama dan tuntas agar bapak dan ibu dalam menjalankan serangkaian ibadah haji nantinya lebih maksimal, lebih mandiri dan Insyaallah akan memperoleh haji yang mabrur.

Dirinya juga berpesan kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan banyak berdoa agar bisa hadir dan wukuf di pandang arafah, tumbuhkan rasa kepedulian dan kasih sayang karena tahun ini 67 ribu jemaah Haji kita 30 persennya adalah para lansia.

“Sesuai KMA 189 Tahun 2023 kuota haji Khusus untuk jemaah haji Sultra sebanyak 2019 orang dengan rincian 101 jemaah lansia, 1900 jemaah reguler, 3 KBIH dan 15 PHD. mereka (jemaah haji lansia) butuh kepedulian kita semua, karena memang tahun ini tidak ada pembatasan umur,” pesannya.

Jaga kekompakan dan persatuan serta jaga nama baik daerah kita, karena nantinya Bapak dan Ibu akan berada di negeri orang yang sangat jauh berbeda punya kebiasaan dan etika dan budaya ketika berada di sana.

“Selamat menunaikan Ibadah haji semoga Allah melimpahkan kesehatan dan keafiatan yang sempurna, Allah memberikan kemudahan dalam beribadah,” tandasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Plt. Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, Wakil Ketua DPRD Koltim, Hj. Rahmatia, Wakil Ketua MUI Sultra, KH. Djakri Nappu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka Timur, H. Kadir Azis dan segenap ASN Kemenag Koltim serta Jemaah Haji se Kabupaten Kolaka Timur.

  • Bagikan