Lakukan 8 Aksi Konvergensi Dilakuikan Pemda Konawe Turunkan Stunting

  • Bagikan
Sekda Konawe Dr Ferdinand Sapan

Konawe, Sibernas.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe ikuti penilaian 8 aksi konvergensi penurunan stunting yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekda Konawe, Ferdinan Sapan, mengatakan 8 aksi konvergensi penurunan stunting meliputi analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan pendukung, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajamen data, pengukuran dan publikasi, review kinerja tahunan.

“Di Kabupaten Konawe masih sementara berjalan,” katanya.

Kedelapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi katanya, merupakan instrumen dalam bentuk kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan integrasi intervensi gizi baik spesifik dan sensitif dalam pencegahan dan penurunan stunting.

Aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendekatan pelaksanaan program dan perilaku lintas sektor agar program dan kegiatan intervensi gizi dapat digunakan oleh keluarga sasaran yaitu Rumah Tangga 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dengan lebih efektif.

Ia menambahkan upaya mencegah dan menurunkan kasus stunting di Kabupaten Konawe dilakukan secara terpadu dengan melibatkan peran pemerintah desa dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait.

  • Bagikan