Kakanwil Kemenag Sultra Hadiri Pembukaan MTQ ke-47 Tingkat Kolaka

  • Bagikan

Kolaka, sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultr) H Muhamad Saleh menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Kolaka Tahun 2024 yang dipusatkan di Kecamatan Wolo, Sabtu (2/4/2024).

MTQ tingkat Kabupaten Kolaka ke-47 dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Sultra yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, La Ode Fasiki. Serta dihadiri Pj Bupati Kolaka, Pj. Sekda Kolaka, Forkopimda, Unsur DPRD Kab. Kolaka, SKPD, Ketua Pusat Dewan Adat Mekongga, dan sejumlah undangan.

Kakanwil Kemenag Sultra yang berkesempatan memberikan sambutan di momentum tersebut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran Pemda Kab. Kolaka atas terselenggaranya Pembukaan MTQ ke-47 Tahun 2024.

Saleh mengatakan, esensi dari MTQ bukanlah sekedar perlombaan, tapi yang terpenting bagaimana memaknai apa yang dibacakan pada momen MTQ, sekaligus mampu mengimplementasikan dan mengaktualisasikan dalam kehidupan keseharian sebagai umat beragama khususnya umat Islam, apalagi berada di Kab. Kolaka yang terkenal religius.

“Mudah-mudahan melalui momentum MTQ ini, mampu melahirkan para peserta terbaik yang nantinya akan mewakili Kab. Kolaka pada ajang MTQ tingkat provinsi,” ungkap Saleh.

Sementara itu, Pj Gubernur Sultra yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, La Ode Fasiki mengatakan, MTQ ke-47 tingkat Kabupaten Kolaka menjadi momentum berharga untuk menyatukan dalam cinta dan penghormatan terhadap kitab suci Al Quran.

“Acara ini bukan hanya sekedar perlombaan, tetapi juga merupakan refleksi dari semangat keIslaman dan kecintaan kita terhadap ajaran agamaNya,” tuturnya.

Menurutnya, para peserta MTQ merupakan duta Al Qur’an yang berperan penting dalam melestarikan warisan agung tersebut. Dengan setiap ayat yang dibaca, dapat membawa cahaya kehidupan dan keberkahan bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

“Mari kita jadikan Al Qur’an sebagai pemandu sekaligus filter untuk menyaring dan memahami setiap pengaruh yang datang dari luar,”ajaknya.

Diharapkannya, momentum tersebut dapat membangun semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam cinta pada Al Qur’an, yang bukan hanya sebagai pedoman hidup namun juga sumber kearifan yang tak terhingga.

“Kepada peserta, setiap langkah kalian di panggung ini tidak hanya menunjukkan kemampuan, tapi juga menginspirasi orang lain untuk mendekatkan diri kepada Al Qur’an. Jadikan momen ini sebagai panggilan untuk lebih mendalami, menghayati ajaran agamaNya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Pembukaan MTQ Tingkat Kab. Kolaka ke-47 dimeriahkan oleh kafilah dari 12 Kecamatan se Kab. Kolaka, dengan total peserta 734 orang. Cabang yang akan dilombakan diantaranya Seni Baca Al Qur’an, Qira’at Al Qur’an, Hafalan Al Qur’an, Tafsir Al Qur’an, Syahril Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an, Fahmil Qur’an, Seni Kaligrafi, Kasidah Rabana Klasik, Bintang Vokalis dan Pop Religi.

  • Bagikan