Jelang Pilkada 2024, Pemkot Kendari Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula Tingkat SMA/SMK

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, membuka sosialisasi pemilih pemula yang bertujuan untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak tahun 2024, berlangsung  di Ruang Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Selasa (27/8/2024).

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengungkapkan, apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap bahwa tahapan Pilkada yang sudah berjalan dan akan segera mencapai puncaknya dapat terlaksana dengan lancar dan damai.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting karena selain mengedukasi tentang proses pemilihan kepala daerah, ini juga mempererat tali silaturahim dan persaudaraan generasi muda,” ujarnya.

Yusup menyoroti pentingnya pendidikan politik bagi pemilih pemula agar mereka memahami hak dan kewajiban dalam berpolitik, terutama dalam menggunakan hak pilih mereka.

Yusup juga mengingatkan agar siswa-siswi di Kendari tidak mengikuti jejak pemilih pemula di daerah lain yang sering kali dimanfaatkan sebagai ujung tombak kampanye yang berujung pada aksi anarkis.

“Saya yakin anak-anak di Kendari tidak seperti itu, dan kita harus memastikan Pilkada kali ini berjalan damai tanpa melibatkan anak-anak dalam kepentingan politik,” katanya.

Selanjutnya, Pj Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini, termasuk para narasumber dari KPU dan Bawaslu Kota Kendari, serta penyuluh anti-korupsi Sulawesi Tenggara yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para siswa.

“Hal ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menciptakan pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan berintegritas, sehingga kita dapat melahirkan pemimpin Kota Kendari yang amanah dan mampu membawa perubahan positif bagi kota yang kita cintai ini,” tambahnya.

Kemudian, Pj Wali Kota juga mengajak para siswa-siswi dari SMA 1 Kendari, SMA 3 Kendari, SMA 5 Kendari, dan SMK 1 Kendari, yang merupakan pemilih pemula, untuk berperan aktif dalam menyukseskan pilkada serentak 2024 di Kota Kendari.

Acara sosialisasi ini diharapkan agar generasi muda dapat memahami hak dan kewajiban dalam berpolitik, terutama dalam menggunakan hak pilih untuk dapat menciptakan pemimpin-pemimpin yang baik, amanah, dan handal, yang dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Acara yang diselenggarakan oleh Kesbangpol ini juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kota Kendari, Ketua Bawaslu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), PAKSI Sulawesi Tenggara, serta para guru pendamping.

  • Bagikan