Hadiri TTG XXIII 2022 di Cirebon, Bupati Konsel Pinta Inovasi Teknologi Dilombakan 

  • Bagikan
Bupati Konsel saat mengunjungi stan pameran "Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022

Cirebon, Jawa Barat, sibernas.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga menghadiri undang pihak Kementerian Pembangunan Desa Tertingg dan Transmigrasi (DPDTT) Republik Indonesia (RI) pada kegiatan “Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara XXIII Tahun 2022” di Aston Hotel & Convention Center di Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, Rabu (19/10).

Orang nomor satu di Konsel itu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Hj Nurlin Surunuddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Drs Anas Mas’ud M.Si dan Kabag Protokol Erna Yustiana.

Pada Kesempatan itu, usai mengikuti kegiatan yang dibuka oleh Menteri DPDTT RI Abdul Halim Iskandar. Dan masih dilokasi yang sama Bupati Konsel bersama rombongan mengunjungi Stan Pameran yang diikuti para inovator TTG dari berbagai daerah di Indonesia

Disela-sela kunjungannya, Bupati dua periode itu memerintahkan Kadis PMD Konsel untuk melaksanakan kegiatan serupa dengan memperlombakannya pada tingkat kabupaten.

“Kegiatan TTG ini sangat bermanfaat sekaligus berdampak baik terhadap kemajuan ekonomi masyarakat dan daerah,”ujarnya dihadapan Kadis PMD dan Kabag Protokol Pemda Konsel.

Hal itu dilakukan, tambah dia, demi mendorong implementasi khususnya pengembangan ekonomi masyarakat dan pembangunan kawasan perdesaan, salah satunya harus ditempuh dengan penerapan teknologi tepat guna dengan merangsang terciptanya inovasi temuan baru

“Agar masyarakat kita termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi dibidang teknologi, saya minta untuk diperlombakan pada Level Kabupaten dan rutin diagendakan . Pemenangnya akan diikutsertakan dalam setiap kegiatan TTG Tingkat Nasional setiap Tahun,”tegasnya dan diamini Kadis PMD Anas Mas’ud.

Mantan ketua DPRD Konsel itu menambahkan, dukungan masyarakat, khususnya wirausahawan juga penting untuk kita galang, terkait pemanfaatan produk teknologi temuan baru tersebut, yang tentunya bernilai hemat dan terjangkau serta baik dari segi dampak lingkungan.

Tak lupa ia mengapresiasi atas ikutnya Inovator Konsel dalam Pameran TTG dibawah binaan DPMD Konsel. Yang memamerkan Mesin Pencacah Nilam, serta beberapa produk olahan jadi seperti Kopi Tolaki, Keripik, Serbuk Jahe dan produk lainnya.

Sementara dalam arahan sebelumnya saat membuka TTG XIII, Menteri DPDTT Iskandar mengatakan, kegiatan dan penggunaan teknologi tepat guna searah dengan program kebijakan pembangunan di desa.

“Yang didukung Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga ke Pemerintah Desa. Dengan harapan kesejahteraan masyarakat mendapatkan ruang yang sangat luas dalam berinovasi,”timpalnya.

  • Bagikan