Gubernur Ali Mazi Buka Pameran Pembangunan pada HUT ke-59 Sultra di Koltim

  • Bagikan

Koltim, sibernas.id Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, membuka pameran pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Sultra dan Kick Off gerakan nasional bangga buatan/bangga berwisata di Indonesia Tahun 2023, bertempat Aula Rumah Jabatan (Rujab) Kolaka Timur (Koltim), Rabu, 10 Mei 2023, malam.

Hadir dalam pameran tersebut, Anggota Forkopimda Sultra, Sekretaris Daerah Sultra Asrun Lio, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Harlina Sulistyorini beserta rombongan, Asisten Deputi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Hermin Esti Setyowati, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sultra Doni Septa Dijaya, Direktur Musik, Film dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Amin, Bupati/Walikota se-Sultra, Kepala OPD Lingkup Sultra, Ketua Dharmawanita Provinsi Sultra dan pejabat terkait.

Mengawali sambutan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Koltim, Abdul Azis, menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Sultra di Kabupaten Koltim dipercaya menjadi tuan rumah Halo Sultra dalam pameran pembangunan dalam rangka HUT Provinsi Sultra yang ke-59 Tahun.

Hari ini merupakan hari yang bersejarah pada pameran pembangunan atau Halo Sultra kembali dilaksanakan Kabupaten Koltim, memberikan kesempatan menjadi tuan rumah Halo Sultra mudah-mudahan kegiatan ini memberikan kebaikan buat seluruh masyarakat terkhusus Kabupaten Koltim.

“Saya mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kab.Koltim untuk mensukseskan halo Sultra ini. Mari kita buktikan bahwa Kab.Koltim merupakan rumah yang nyaman dan memiliki aset yang terbesar yaitu aset persatuan, aset persaudaraan dan aset keragaman,” ajaknya.

“Oleh karna itu, kita patut berbangga kita di berikan penghargaan yang tulus atas jasa pengabdian kita, kiprahnya pengabdian dan hasil kerja keras yang diberikan Sulawesi Tenggara memberikan sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita dan pemerintah kita. Sehingga ditambah lagi bantuan rumah ibadah,bantuan pertanian yaitu alsintan dan pupuk lainnya,”tambah dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini, menginformasikan dalam kegiatan Kick Off dan gerakan nasional bangga berwisata Indonesia yang disandingkan dengan Dirgahayu ke-59 Provinsi Sultra.

“Gerdas BBI merupakan yang diluncurkan oleh Presiden sebagai bentuk respon terhadap menurunnya Covid-19, pada awal tahun 2020 dimulai untuk menciptakan dan mendorong brending produk lokal unggul, sehingga menciptakan industri, kreatif dan inovasi untuk pasar yang lebih besar, gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) ini merupakan gerakan bersama pemerintah, pelaku usaha, masyarakat mencintai produk dalam negeri,”katanya.

Sebelum membuka pameran tersebut, dalam sambutan Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, pameran daerah, telah menjadi tradisi tahunan di daerah ini.

“Pada setiap momentum peringatan HUT daerah yang bertujuan, tidak hanya untuk menunjukkan capaian hasil kerja kita dalam setahun terakhir, tetapi juga dalam rangka mempromosikan produk-produk UMKM dan berbagai potensi unggulan daerah Sultra sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,”katanya.

Gubernur Ali Mazi mengatakan pelaksanaan kampanye Germas BBI di Sultra, sesungguhnya menandakan bahwa daerah Sulawesi Tenggara yang terdiri dari daratan dan lautan/kepulauan memiliki potensi yang besar, lahirnya produk-produk unggulan dalam negeri yang dapat menjadi kebanggaan bangsa.

“Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan dukungan berbagai pihak siap menyukseskan Germas BBI/BBWI di Sultra, karena sejalan dengan salah satu isu strategis pembangunan daerah Sultra, yakni pertumbuhan ekonomi daerah, melalui tranformasi ekonomi pada sektor pariwisata, peningkatan produk dan produktivitas sektor pertanian, hilirisasi pertambangan dan program padat karya untuk menyerap tenaga kerja,”terangnya.

“Serta memaksimalkan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DM), utamanya produk-produk UMKM. Semoga setelah pelaksanaan Kick Off ini, kita semua dapat bekerja lebih keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan, baik dalam menciptakan produk-produk unggulan,”tuturnya.

Setelah memberikan sambutan Gubernur memukul gong sebagai tanda dibukanya pameran pembangunan didampingi Sekda Sultra, Plt. Bupati Koltim dan pejabat terkait, selesai dibuka kegiatan tersebut menyaksikan band The Changcuters di depan Rujab Bupati Koltim.

 

  • Bagikan