DPPPA Kota Kendari Gelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Sosial, Hukum dan Ekonom

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kendari melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Kendari menggelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Sosial, Hukum dan Ekonomi. Kegiatan Tersebut dibuka langsung Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala, bertempat di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (25/7/2023).

Dalam sambutannya, Sekot Kota Kendari Ridwansyah Taridala menyampaikan, kegiatan ini menjadi sangat penting bagi Pemkot Kendari.

“Karena dapat menciptakan keseteraan dan keadilan bagi semua kaum, untuk memperoleh kesempatan ran hak-haknya sebagai manusia dalam seluruh aspek kehidupan di Kota Kendari,”ungkapnya pada peserta.

Selain itu juga, dia mengungkapkan, pada aspek pemerintahan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini kami terus berupaya untuk mengintegrasikan perspektif gender ke seluruh aspek pembangunan.

“Mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan,” ujarnya.

Dia berharap pada sosialisasi ini, dapat mendorong peningkatan partisipasi perempuan di semua bidang pembangunan, sesuai yang dimandatkan oleh Presiden RI dan menjadi strategi arah kebijakan Kementerian PPPA RI.

Sementara itu, Kepala Dinas DPPPA Kota Kendari Sitti Ganef mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini yakni untuk mengefektifkan pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender secara konkrit.

“Dan terarah, dalam memperkuat peran pemerintah dalam mewujudkan empat aspek yakni, akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki,” jelasnya.

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari, dengan narasumber, Sekot Kendari, Dekan FISIP UHO dan Ketua KPU Kota Kendari.

Sedangkan pesertanya berasal dari TP-PKK Kota Kendari, Karang Taruna, Tokoh Perempuan, Dharma Wanita Kota Kendari, dan Forum Anak Kota Kendari.

 

  • Bagikan