Dojo Unsultra Sabet 3 Medali Kejurnas Shorinji Kempo RUC Ke-XVI Di Makassar

  • Bagikan
Atlet Dojo Unsultra Peraih Medali di Kejurnas Shorinji Kempo RUC 2024 di Makassar

Sulsel, Sibernas.id – Dojo Unsultra Kendari berhasil meraih tiga bedali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Rektor Unhas Cup (RUC) Ke-XVI Di Makasar, Sulsel, Tanggal 7-9 Juni 2024.

“Tiga medali yang dipersembahkan oleh Kontingen Dojo Unsultra tersebut terdiri 1 medali emas dan dua medali perunggu,” kata Andry Togala selaku Manager Dojo Unsultra.

Disebutkan, medali emas diraih oleh atlet atas nama Fathiani Sahra Maharani yang turun di kelas 55 Remaja Puteri yang berhasil mengalahkan lawannya dari Bali dibabak final.

Atlet Dojo Unsultra Radit meraih medali perunggu

Sementara dua medali perunggu dipersembahkan oleh arlet atas nama Radit Fahrezi kelas 45 Kg Remaja putera dan Rafael (Mahasiswa Fak. Teknik Pertambangan Unsultra) kelas 55 Kg remaja putra. Sementara atlet Dojo Unsultra yang tidak meraih medali dalam kejuaraan ini adalah Ahmad David Ukaza yang berlaga di kelas 50 Kg Dewasa Putera.

Andry Togala sangat mengapresiasi para atlit yang telah berjuang dan menorehkan medali pada kejurnas kali ini, serta ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada REKTOR UNSULTRA Bapak Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Sc.Agric Yang telah memberikan suport secara moril maupun materil kepada team Dojo Unsultra, sehingga menjadi semangat dan motivasi bagi para atlet.

“Kami berharap kedepannya bisa lebih banyak lagi dalam pembinaan atlit kempo di dojo unsultra utamanya para mahasiswa/i serta pelajar yang siap untuk berprestasi membawa nama baik dojo unsultra,” pungkas Andry.

Untuk diketahui, sebanyak 356 atlet dari berbagai daerah di Nusantara, bersaing menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Piala Rektor Unhas XVI di GOR Unhas Makassar, 7-9 Juni 2024.

Atlet Dojo UNsultra Rafael peraih medali perunggu di Kejurnas Shorinji Kempo RUC 2024 di Makassar

Ketua panitia kejurnas Andi Nia di Makassar, Jumat, mengatakan ratusan atlet berasal dari 31 kontingen atau Dojo (perguruan) diantaranya dari Sorong Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Samarinda (Kaltim), UGM, Universitas Pattimura (Unpatti), Dojo Malang Jawa Timur, Bali, Dojo Lanud Halim Perdanakusuma.

Selanjutnya dari wilayah Sulawesi diantaranya Dojo Unsultra Kendari, Dojo SMAN 7 Kendari, Dojo Buton Utara, Dojo Buton Selatan, Manado (Sulut), Majene (Sulbar) serta Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Pinrang, Barru dan lainnya.

“Ratusan peserta akan tampil di 37 nomor pertandingan baik kategori randori (pertarungan) dan embu (jurus). Untuk pertandingannya sudah dimulai sebelum shalat Jumat, setelah pembukaan oleh Rektor Unhas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para peserta kejurnas memperebutkan sebanyak 61 medali emas, 61 perak dan 80 medali perunggu.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, mengaku bangga dan bersyukur kejurnas ini mendapatkan respon tinggi dari para perguruan dari berbagai daerah.

“Saya dengar ada kontingen dari Aceh, bahkan yang terjauh seperti Papua dan Papua Barat, juga ambil bagian pada kejurnas Rektor Unhas Cup 2024 ini,” kata dia.

Menurut dia, meski tujuan utama adalah mencapai prestasi di tingkat nasional, namun kejurnas ini merupakan momentum bagi seluruh kontingen memperkuat tali persaudaraan.

“Apalagi kita baru saja menghadapi Pilkada, Pileg dan Pilpres. Kita harapkan dengan kejurnas ini, kita kembali memperkokoh persaudaraan sesama anak bangsa,” katanya.

  • Bagikan