Meriahkan HUT ke-193 Kendari, Dinas Dalduk dan KB Gelar Lomba Balita Sehat

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) Kota Kendari menggelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kota Kendari, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), berlangsung di Aula Teporombua Balai Kota Kendari, Selasa, (30/4/2024).

Kegiatan tersebut, dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup. Turut hadir Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, Pj Ketua TP PKK Kota Kendari Ira Willis Kusumadoty, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD Lingkup Pemkot Kendari, para juri lomba dan para peserta lomba.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Dalduk dan KB Kota Kendari Andi Dadjeng menyampaikan pelaksanaan kegiatan hari ini bertujuan meningkatkan upaya pembinaan dan pemenuhan kesehatan balita yang dimulai sejak dini sehingga proses tumbuh kembang anak menjadi optimal menuju terciptanya keluarga bahagia yang berkualitas.

“Kemudian meningkatkan kesadaran Ibu balita tentang pentingnya pemantauan tumbuh kembang balita dan memotivasi Ibu balita dalam meningkatkan status gizi balita,”ujarnya.

Ia pun berharap agar kegiatan itu menjadi perhatian pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

“Kita berharap kita dapat bergerak bersama untuk menurunkan angka prevalensi stunting di Kendari sesuai target yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Kegiatan lomba balita sehat, kata dia, diikuti sebanyak 28 peserta, di mana peserta lomba merupakan perwakilan balita sehat dan setiap wilayah Puskesmas sesuai kategori lomba dengan rincian kelompok umur, pertama, usia 6 sampai dengan 24 bulan sebanyak 16 anak dan kedua, usia 25 sampai 60 bulan sebanyak 12 anak.

Sementara dewan jurinya terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kendari, Ahli Gizi, Bidan dan TP. PKK Kota Kendari.

“Indikator yang akan menjadi penilaian dari dewan juri ada tiga yaitu kesehatan gigi, perkembangan dan pertumbuhan, mengingat kegiatan ini sekaligus berkaitan dengan pencegahan stunting,” ujarnya.

Untuk pemenang lomba tersebut, Juara 1, 2 dan 3 sesuai kelompok umur, juara 1 akan mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai sebesar Rp.1 juta, Juara 2 mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai sebesar Rp 750 ribu, dan juara 3 mendapatkan piagam dan uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menurunkan angka prevalensi stunting di Kota Kendari sesuai target yang telah ditetapkan pemerintah pusat yaitu angka 14 persen,”harapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dalam sambutannya menegaskan bahwa masa balita, yang sering disebut sebagai “Golden Periode” atau masa emas, menjadi fase penting dalam perkembangan kualitas manusia. Anak-anak yang sedang berkembang membutuhkan asupan gizi yang baik, stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka, serta akses kepada layanan kesehatan berkualitas agar pertumbuhan dan perkembangan mereka dapat terdeteksi secara dini.

“Dalam rangka mencapai target penurunan stunting, Pemkot Kendari telah bekerja keras dan melaksanakan upaya strategis yang melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi, dan masyarakat. Lomba Balita Sehat menjadi salah satu upaya promosi kesehatan untuk mempercepat penurunan stunting di Kota Kendari,” ungkapnya.

Diharapkan Lomba Balita Sehat dapat menjadi ajang tahunan yang memotivasi semua pihak, baik pemerintah maupun orang tua, untuk memberikan perhatian yang cukup terhadap anak-anak di Kota Kendari agar mereka dapat tumbuh sehat secara optimal, sehingga menjadikan Kota Kendari sebagai kota yang bebas stunting dan menuju Kota Kendari yang Aman, Nyaman dan Bahagia. (adv)

  • Bagikan