Dalam Kunkernya, Kakanwil Kemenag Sultra Beri Pembinaan Bagi ASN Kemenag Wakatobi

  • Bagikan

Wakatobi, sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) H Muhamad Saleh didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sultra Ny. Nurna Saleh, memberikan pembinaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Wakatobi, serangkaian kunjungan kerja (Kunker) perdananya di daerah tersebut, Kamis (28/7).

Kakanwil Kemenag Sultra yang juga didampingi Kepala Bidang Urais Jamaludin dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra Sitti Mardawiah Kasim, diterima langsung Kepala Kemenag Kab. Wakatobi H Rahman Ngkaali beserta seluruh jajaran.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sultra Muhammad Saleh memberikan gambaran sebuah filosofi hidup, ibarat penyelam yang berenang hingga ke dasar laut untuk mencari mutiara-mutiara indah. Menyelam ke dasar laut dengan bantuan tabung oksigen.

“Jika penyelam mampu menyelam dengan baik sesuai dengan waktu yang diberikan oleh pemberi perintah, saya yakin penyelam akan mendapatkan mutiara-mutiara indah yang ada di dasar laut. Demikian juga sebaliknya,” ungkapnya

Saleh menyampaikan, demikian halnya sebagai ASN yang mengabdi di Kementerian Agama, semua memilki batasan usia dalam mengemban tugas. Untuk itu, tidak boleh terlena dengan jabatan yang diamanahkan, namun terus berkreasi dan melakukan inovasi untuk pengabdian bagi bangsa dan negara.

“Sebagai amanah hasil Rakernas 2023 oleh Menteri Agama, yang ditekankan adalah ASN Kemenag harus cepat bergerak, proaktif terhadap isu yang berkembang, tanggap terhadap kejadian di tengah masyarakat,” jelas Saleh.

Saleh menambahkan, jika ada isu yang menggangu kehidupan berbangsa dan bernegara, maka sebagai ASN Kemenag segera melakukan kroscek, untuk mencari solusi dan cepat melakukan antisipasi terhadap kondisi negatif di lapangan.

“Terlebih saat ini kita berhadapan dengan pesta demokrasi, maka ASN Kemenag harus menjadi penyejuk, bukan memprovokasi,” tegasnya.

“Mari kita rapatkan barisan, bergandengan tangan dan jangan ada pengkotak-kotakan diantara kita. Sebagai sesama ASN Kemenag, jangan saling fitnah dan mengadu domba antara satu dengan yang lain. Bersama membangun Kemenag agar tetap jaya dalam mengemban program-program keumatan dan melayani masyarakat,” pungkasnya.

Dikesempatan itu, dia juga mengajak seluruh jajaran Kemenag Wakatobi untuk bersama mendukung pelaksanaan KSM Nasional yang akan dilaksanakan di Kota Kendari pada September mendatang.

 

  • Bagikan