BKKBN Sultra Luncurkan DASHAT di Dua Kampung KB Kolaka Timur

  • Bagikan

Kolaka Timur, Sibernas.id – badan kependudukan dan keluarga berencana BKKBN Provinsi Sultra memancing atau meluncurkan program Dapur Sehat Atasi Stunting atau DASHAT di Kolaka Timur, Kamis (21/7/22).

Peluncuran itu dilakukan Tim Bidang Pengendalian Penduduk yang dikomandani oleh Kordinator Bidangnya Dr. H. Mustakim, dirangkaikan dengan pemberdayaan kelompok masyarakat di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Karemotingge Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB setempat bersama jajarannya.

Warga sangat antusias mendengarkan arahan mantan Plt. Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat ini karena arahannya diselingi humor.

Ia menjelaskan bahwa untuk memproduksi apapun harus dipersiapkan bahan-bahan produksi yang terbaik dan berkualitas, begitupun dalam memproduksi anak.

“Jangan asal cetak saja! Orang tua yang mau nyetak anak juga demikian. Makanlah makanan yang sehat bergizi dan berkualitas agar bibitnya berkualitas. Kalau bibitnya berkualitas tentu bisa menghasilkan bebet dan bobot yg bagus, menghasilkan anak-anak yang normal, sehat, dan cerdas, terhindar dari stunting,” katanya.

Setelah hamil juga harus perhatikan kandungan, jangan lalai. Ibu-ibu jangan WA-an terus saat hamil sampai lupa makan dan lupa kalau dirinya sedang hamil.

“Kasian janin dalam kandungannya. Begitu juga setelah bayi lahir. Perhatikan makanan mereka, kebersihan mereka dan segala kebutuhannya,” katanya.

Setelah melaunching di Desa Karemotingge, tim Bidang dalduk ini melanjutkan perjalanannya dan melaksanakan kegiatan yang sama di Desa Anggalosi Kecamatan Ladongi. Tim ini didampingi didampingi Kepala Bidang Penduduk dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kolaka Timur Rasmi, SE.

  • Bagikan