Asisten II Buka Rapat KLHS RPJMD Kota Kendari 2025-2029

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Mewakili Penjabat Wali Kota Kendari, Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kota Kendari Jahudding membuka Rapat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kendari tahun 2025-2029, berlangsung di ruang Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Senin (1/7/2024).

Pembangunan kota yang berkelanjutan dan harmonis merupakan impian setiap daerah, termasuk Kota Kendari yang memiliki visi jangka menengah melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2025-2029.

Dalam upaya merumuskan visi ini, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa setiap langkah pembangunan tidak hanya efektif secara ekonomi tetapi juga berkelanjutan dari sudut pandang lingkungan.

Dalam sambutannya, Asisten II Setda Kota Kendari Jahudding mengatakan, pelaksanaan konsultasi publik KLHS RPJMD ini bertujuan untuk menjalin dan menghimpun sebanyak mungkin masukan, saran dan harapan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya khususnya mengenai identifikasi perumusan masalah terkait isu-isu strategis pembangunan baik regional dan nasional.

“Untuk itu diharapkan kepada kita peserta forum konsultasi publik yang hadir hari ini kiranya dapat memberi tanggapan, masukan dan saran yang bersifat positif terhadap hasil paparan data awal yang akan disampaikan pada tim penyusun,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, KLHS dalam RPJMD Kota Kendari tahun 2025-2029 bukan hanya sebuah dokumen strategis, tetapi juga manifesto komitmen untuk menciptakan keseimbangan harmonis antara pembangunan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) tidak hanya sebuah kewajiban administratif, tetapi juga sebuah instrumen penting dalam memandu pembangunan yang berkelanjutan di Kota Kendari. Melalui integrasi dengan RPJMD tahun 2025-2029, KLHS membantu memastikan bahwa setiap keputusan pembangunan tidak hanya menguntungkan saat ini, tetapi juga berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik.

Dengan demikian, harmoni antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan sosial dapat tercapai secara seimbang dan berkelanjutan di Kota Kendari.

Rapat ini di ikuti, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dan camat se Kota Kendari, Tenaga Ahli dan Pokja penyusunan KLHS RPJMD, pimpinan universitas, dunia usaha dan organisasi profesi dan organisasi sosial.

  • Bagikan