Amankan Pelaksanaan Pilkada 2024, Polresta Kendari Gelar Simulasi Sispamkota Kendari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024, berlangsung di lapangan Satpas Satlantas Polresta Kendari, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup yang diwakili oleh Plt. Kasatpol PP Kota Kendari, Dandim 1417 Kendari dan Camat se Kota Kendari.

Sispamkota menjadi strategi efektif dalam meminimalisir risiko keamanan di berbagai daerah selama masa-masa krusial seperti pemilihan kepala daerah. Melalui simulasi ini, petugas keamanan dilatih untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi secara realistis, mulai dari pengendalian massa, penanganan konflik, hingga pengamanan area tempat pemungutan suara.

Dikesempatan itu, Kapolresta Kendari AKBP Aris Tri Yunarko mengungkapkan, simulasi ini bertujuan agar Polresta Kendari siap dalam rangka pengamanan pilkada.

“Sehingga pada waktu nanti kita melaksanakan pengamanan, kita tau apa-apa yang harus kita laksanakan, tahu cara bertindak yang akan kita laksanakan dan tahu bagaimana cara mengantisipasi apabila ada keadaan yang butuh penanganan seperti dalam simulasi ini,” ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, objek vital yang akan diamankan nantinya adalah Kantor KPU, Bawaslu, tempat penyimpanan logistik pemilu, PPK kecamatan dan juga TPS.

“Untuk itu, saya berharap kepada semua pihak agar dapat berkolaborasi dengan baik guna memastikan pelaksanaan pemilu berjalan aman dan lancar,”harapnya.

 

  • Bagikan