BKKBN Sultra Gelar Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh Tingkat Kabupaten Wakatobi

  • Bagikan

Wangi-Wangi Selatan, Sibernas.id – Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh Tingkat Kabupaten Wakatobi yang dirangkaikan dengan Wisuda Sekolah Lansia Tuna Jaya Desa Mola Utara Angkatan Ke VI. Bertempat di Aula Motica – Wakatobi, Selasa (22/10/24).

Sekolah Lansia Tuna Jaya Desa Mola Utara di launcing pada Tanggal 18 April Tahun 2023 telah memiliki kurikulum yang disusun dari 7 Dimensi Lansia Tangguh. Sekolah lansia Tuna Jaya Memiliki Siswa sebanyak 30 orang tetapi yang berhasil di wisuda dan memenuhi syarat sebanyak 20 orang, yaitu yang telah mengikuti proses pembelajaran sebanyak 12 kali pertemuan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra dalam hal ini diwakili oleh Ketua Tim KKPS, Agus Salim,SE., MM menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni, meningkatkan kualitas kegiatan kelompok BKL dalam mewujudkan Lansia Tangguh, meningkatkan pengetahuan lansia tentang proses menua sehat dan sakit, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku lansia tentang kesehatan fisik dan mental, dan meningkatkan pemahaman Lansia tentang konsep SMART dalam lingkup 7 Dimensi Lansia Tangguh (spiritual, fisik, emosional, intelektual, sosial, profesional vokasional dan lingkungan) dan menerapkan 8 Fungsi Keluarga.

“Kita berharap pacsa mengikuti Sekolah Lansia para Lansia menjadi insan mandiri dan produktif serta para lulusan menjadi motivator bagi Lansia lain,”harapnya.

“Diharapkan pasca mengikuti sekolah lansia, para Lansia akan menjadi insan mandiri dan produktif dalam kehidupan, melalui lansia yang SMART (Sehat, aktif,mandiri, produktif dan bermartabat). Selain itu lulusan wisuda sekolah lansia ini ini bisa menjadi motivator bagi lansia lain agar tetap bersemangat dan berkarya dalam masyarakat,” ujar Agus.

Bertindak sebagai Anggota Senat yakni, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Ekonomi Kabupaten Wakatobi, Kepala OPD KB Kabupaten Wakatobi serta, Ketua Tim KKPS BKKBN Sultra serta Camat Wangi-Wangi Selatan,

Lebih Lanjut Agus memberikan apresiasi kepada para wisuda yang telah menyelesaikan Sekolah Lansia, dan telah mengikuti berbagai pelajaran. Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada para fasilitator dan mitra kerja serta pihak yang turut mendukung kegiatan Sekolah Lansia Tuna Jaya Desa Mola Utara.

Setelah Wisuda S1 diharapkan para Wisudawati ini dapat melanjutkan Pendidikannya sehingga bisa melanjutkan Wisuda S2 dan bahkan Sampai S3. Lanjut Agus

Lebih lanjut agus menyampaikan seharusnya istilah Lansia ini tidak cocok bagi para siswa sekolah Lansia yang semangat dan antusias. Istilah yang cocok yaitu usia terindah, hal ini dikarena yang muda belum tentu bisa menjadi lansia, sedangkan Lansia sudah pasti pernah muda dengan berbagai kenangannya.” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Wakatobi, Kepala OPD KB Kabupaten Wakatobi, Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Wakatobi, Ketua Tim PKK Kabupaten Wakatobi, Seluruh Penyuluh KB Kabupaten Wakatobi, Kepala Sekolah Lansia Tuna Jaya Desa Mola Utara, Kepala KUA Kecamatan Wangsel, Keluarga serta kerabat dari peserta wisuda.

Bupati Wakatobi yang dalam Hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Ekonomi, Bakri, SH dalam sambutannya mengapresiasi Sekolah Lansia yang dilakukan oleh BKKBN.

“Saya menggunakan Toga 27 tahun yang lalu, dan sekarang saya mewisuda Lansia di kabupaten Wakatobi, ini menjadi kebanggan saya tersendiri yang mana yang di wisuda adalah semua orangtua saya di Wakatobi ini,”ujarnya.

  • Bagikan