Kolam Retensi Boulevard Jadi Pilihan Spot Wisata dan Tempat Olahraga Warga Kendari

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Kolam Retensi Boulevard yang terletak di Jalan Boulevard, Kelurahan Lepo Lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini menjadi spot wisata dan olahraga bagi masyarakat Kota Kendari.

Pantauan media ini, pada Minggu (15/9/2024) sore, nampak ribuan pengunjung memadati pelataran Kolam Retensi Boulevard untuk berolahraga seperti lari, senam dan olahraga fisik lainnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati jajanan tepat di sekitar pintu masuk Kolam Retensi Boulevard.

Kolam retensi menjadi tempat favorit bagi warga karena suasana dan suguhan pemandangan yang tenang membuat tempat ini ramai dikunjungi setiap akhir pekannya.

Untuk masuk di tempat ini tidak dikenakan biaya masuk, namun pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua atau tempat akan membayar retribusi parkir.

Salah satu pengunjung, Ria (32) mengatakan, kolam retensi menjadi tempat yang cocok untuk berekreasi dan mengabadikan momen bersama keluarga.

“Tempatnya sangat bagus untuk mengabadikan moment bersama keluarga ataupun teman-teman, menurutku ini tempat yang bagus untuk wisata,” ujar Rina saat ditemui.

Selain itu, lanjutnya, ia sering menjumpai kedai-kedai makanan maupun minuman kekinian di kolam Retensi.

“Banyak penjual dari berbagai jenis makanan maupun minuman kekinian yang disediakan di sana, tempat ini menurutku cocok untuk orang-orang yang ingin jajan,”katanya.

Di tempat yang sama, Fausan (28) pengunjung kolam retensi lainnya mengaku berkunjung untuk jogging maupun melakukan jenis olahraga lainnya.

“Saya ke sini dengan tujuan berolahraga, biasanya kalau sore hari sangat bagus untuk olahraga di sini, selain udaranya yang sangat segar, banyak warga yang ke sini untuk olahraga,” ujarnya.

Ia juga mengaku, sering menemukan warga yang melakukan senam pada hari libur di pagi hari.

“Di minggu pagi dan sabtu pagi biasanya ada sekelompok warga yang melakukan senam di sini, selain lapangannya yang luas, kolam ini juga menjadi tempat yang cocok untuk melakukan senam pagi,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Owner Komunitas Sanggar Senam Kendari (SSK) dan M3C Gym Kendari Yanti, saat ini ia dan teman komunitasnya sedang meminta perizinan dari pemerintah yang bersangkutan untuk dapat dijadikan Kolam Retensi sebagai tempat olahraga baru untuk masyarakat Kota Kendari.

“Ya, saat ini kami masih perlu meminta izin apakah ini bisa digunakan setiap pekannya, atau seperti apa, harapan kami semoga bisa dijadikan spot olahraga baru,”katanya, saat ditemui usai melakukan senam di Kolam Retensi Boulevard.

Menurutnya, apa yang dilakukan olehnya dan komunitasnya juga merupakan bagian dari promosi daerah baru.

“Selain kita berolahraga, untuk mengajak masyarakat bergaya hidup sehat, kami juga bisa mempromosikan daerah, salah satunya Kolam Retensi ini agar masyarakat juga tahu, ada loh pembangunan kolam ini, yang cukup bagus,” ujarnya.

Selain giat olahraga dan rekreasi keluarga, di Kolam Retenasi Boulevard juga menjadi pusat wisata kuliner yang menjajakan berbagai henis makanan olahan atau penganan dari para pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Jualan tersebut dijajakan di pinggir jalan pas pintu masuk Kolam Retensi Boulevard, di antaranya mulai dari berbagai gorengan, somay, batagor, bakso, dan kuliner lainnya. UMKM tersebut buka usaha jualannya setiap hari dan ada juga hanya pada waktu libur.

Kehadiran para pelaku ekonomi kreatif tersebut yang kebanyakan dilakoni oleh para anak-anak muda, menjadi megnet atau daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Kawasan Wisata kolam Retensi Boulevard.(adv)

  • Bagikan