Pemkot Kendari Tambah Loket BPJS Kesehatan di MPP Balai Kota Kendari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Kelurahan Watu-watu di Kota Kendari terpilih sebagai lokasi pelaksanaan Program Pesiar dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan kesehatan dan memperluas cakupan kepesertaan BPJS di wilayah tersebut.

Usai meresmikan kelurahan terpilih tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusuf bersama Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Abdul Kadir juga melaksanakan peresmian loket BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Kendari. Kamis (25/07/2024).

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusuf, menyatakan bahwa program Pesiar yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan telah memberikan dampak positif signifikan dalam meningkatkan jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah Kendari.

Program ini tidak hanya mempermudah proses pendaftaran, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah kota dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses kesehatan yang lebih baik.

“Saya sangat mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam memilih Kelurahan Watu-watu sebagai salah satu lokasi Program Pesiar. Program ini tidak hanya meningkatkan jumlah peserta JKN, tetapi juga memperkuat sinergi antara BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah. Meskipun ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, kami berharap kolaborasi ini akan terus memudahkan akses peserta ke layanan kesehatan serta informasi terkait Program JKN,” jelas Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup di Kelurahan Watu-watu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Selain itu, dengan adanya Agen Pesiar, informasi tentang manfaat dan prosedur Program JKN dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Agen Pesiar ini juga berperan dalam membantu peserta JKN dalam proses administrasi, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat JKN dengan lebih optimal.

Sementara, Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Abdul Kadir, mengungkapkan untuk Kota Kendari terdapat tiga kelurahan yang menjadi fokus BPJS dalam program pesiar ini.

Dengan pendekatan yang komprehensif, diharapkan seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, dapat mendapatkan manfaat dari Program JKN.

“Di Kota Kendari sendiri, terdapat tiga kelurahan yang menjadi fokus utama Program PESIAR, yaitu Kelurahan Kemaraya, Watu-watu, dan Puuwatu. Ketiga kelurahan ini didukung oleh tiga Agen PESIAR yang bertugas memastikan bahwa proses pemetaan, advokasi, dan pendaftaran peserta JKN berjalan dengan baik,” terangnya.

  • Bagikan