Kendari, sinernas.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari menerapkan aplikasi E-Office diinternalnya. Penggunaan aplikasi tersebut untuk mendukung kinerja aparatur.
Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari, Nismawati mengatakan, implementasi aplikasi E-Office dilakukan usai mengikuti pelatihan yang diberikan langsung perwakilan dari Pemkot Sumedang.
“Aplikasi E-Office ini diadopsi dari aplikasi yang ada di Pemkot Sumedang. Pemkot Sumedang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi karena dianggap berhasil dalam menerapkan layanan digital,” ungkap Nismawati.
Nismawati menjelaskan, penerapan aplikasi E-Office dilingkupnya difokuskan untuk mendukung kinerja aparatur. Sementara untuk jangka panjang pihaknya akan menerapkan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat.
“Aplikasi ini nantinya akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi masyarakat tinggal mengakses satu aplikasi untuk mendapatkan berbagai layanan,” kata Nismawati.
Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari ini tak menampik jika saat ini sudah banyak aplikasi yang dihadirkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari dalam memudahkan layanan.
Kendati demikian, pihaknya akan mengintegrasikan semua aplikasi kedalam layanan E-Office sehingga menjadi terpadu sesuai arahan Presiden.
“Semua dilakukan bertahap, aplikasi E-Office akan dimanfaatkan semua OPD dilingkup Pemkot Kendari,” pungkasnya.