Memotret Kepedulian Pemkot Kendari Terhadap Pejuang COVID-19 di Hari Pahlawan Nasional

  • Bagikan
Wali Kota kendarimemebrikan penghargaan kepada media yang aktiv berpartisipas dalam penanganan COVID-19

Kendari, Sibernas.id – Pemerintah Kota Kendari menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-76 Tahun yang bertema “Pahlawanku Inspirasiku”. Upacara yang diikuti oleh Ketua DPRD Kota Kendari, Forkopimda Kota Kendari, Ketua TP-PKK Kota Kendari, Sekretaris Daerah Kota Kendari dan ASN Lingkup Pemerintah Kota Kendari yang menghadiri secara langsung dan secara virtual ini berlangsung khidmat di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Rabu (10/11).

Momentum Peringatan Hari Pahlawan adalah hari bersejarah juga dirasakan bagi para pihak-pihak atau elemen masyarakat yang selama ini ikut berkontribusi bersama pemerintah dalam penanganan Pandemi COVID-19 di ibu kota provinsi Sultra tersebut.

Polisi, Dokter dan jurnalis yang mendapatkan penghargaan dari Wali kota kendari di Hari Pahlawan 2021

Bagi Pemkot kendari, predikat pahlawan tidak hanya bagi mereka yang telah gugur menjadi kusuma bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Tetapi predikat itu juga bisa disematkan kepada para mereka yang rela dan ihlas berjibaku bersama pemerintah dalam penanganan Pandemi COVID-19 semenjak semenjak musibah global itu mendera bangsa ini.

Atas pertimbangan itulah, pada mom,en Hari Pahlawan tahun 2021, Pemkot kendari memberikan penghargaan kepada merka yang terlibat secaraaktif dalam pannganan Pandemi COVID mulai dari tenaga kesehatan, TNI-Polri, Satpol PP, BPBD, Dishub, Pekerja Sosial, Media massa hingga para pekerja pers atau jurnalis yang selalu tangguh menyajikan informasi seputar pandemic dan penanganan pandemic yang dilakukan oleh pemerintah dan pihak terkait.

“Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi pada sejumlah pihak yang telah berjuang selama pandemi berlangsung,”begitu ungkap Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir usai memberikan pengharhaan kepada penerima.

Wali Kota kendari, H Sulkarnain Kadir, bersama kepala BPJamsostek Sultra, Minarni Lukman saat menyerahkan secara simbolis santunan kematian ahli waris seorang anggota Satgas COVID Pemkot kendari meninggal saat simpanan. Penyerahan dilakukan setelah upacara Hari Pahlawan di rujab Wali kota, Rabu.

Komitmen Lindungi Pekerja

Momentum itu juga wali kota juga memberikan santunan Jaminan Kematian kepada ahli waris mendiang Heribirtus Agustriyanto yang merupakan anggota Gugus Tugas Dinas Kesehatan Kota Kendari sebesar Rp42 juta.

“Hari ini kita memberikan santunan kepada ahli waris salah satu petugas Satgas COVID Kendari yang telah meninggal dunia dalam,” kata Sulkarnain.

Wali kota mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kendari berkomitmen untuk melindungi seluruh pekerjanya agar dapat dilindungi oleh BPJAMSOSTEK.

Wali Kota kendari berkunjung ke rumah veteran di hari Pahlawan Nasional

Sambagi Rumah Veteran

Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara Sulkarnain Kadir menyambangi rumah veteran yang ada di daerah tersebut sebagai bentuk penghargaan jasa mereka saat peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Rabu.

Wali Kota menyambangi beberapa rumah veteran yang ada di daerah itu salah satunya Arsyad Hamid yang tinggal di Jalan Kartika, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga dan veteran bernama Ruslan di Jalan Balai Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga.

Ketika menyambangi rumah para veteran di daerah itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir terlihat berinteraksi kepada mereka kemudian menyerahkan sejumlah uang tunai guna membantu meringankan beban mereka di masa pandemi COVID-19.

“Tidak ada negara yang besar yang tidak menghargai para pahlawan. Mungkin secara materi kita tidak bisa menilai, tetapi secara moril ini akan memberikan semangat motivasi bagi mereka,” kata Sulkarnain Kadir.

Wali Kota berbagi kepada para veteran di hari Pahlawan nasional

Sebelum menyambangi rumah para veteran, pemerintah setempat menyerahkan beberapa bingkisan kepada empat veteran yang di undang di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari.

Keempat veteran tersebut yakni Muhammad Yunus (Seroja), Abubakar Kahar (pasukan perdamaian), Ashabu Termi (Seroja Tim-Tim), Simon Ramban Bade (pasukan perdamaian).

Sulkarnain Kadir mengajak semua pihak mendukung semangat perjuangan para pahlawan khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19 sehingga bisa keluar dari wabah tersebut.

Menurutnya, momentum Hari Pahlawan, harus dimaknai lebih substantif bahwa semangat juang para pahlawan bisa diwarisi oleh generasi hanya saat ini kemudian dilanjutkan dengan profesi masing-masing dalam membangun daerah dan bangsa Indonesia.(ADV)

 

  • Bagikan