Penutupan Pasar Pangan Murah DWP Kota Kendari Dirangkaikan dengan Buka Puasa Bersama

  • Bagikan

Kendari, siberns.id – Pasar Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari selama tiga hari 26-28 Maret 2024 di Kantor Balai Kota Kendari resmi di tutup oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup, Kamis (28/3/2024).

Pasar pangan murah ini ditutup dan dirangkaian buka puasa bersama seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan Kota Kendari, serta seluruh kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan Lurah se Kota Kendari.

Buka puasa bersama DWP Kota Kendari ini juga diisi ceramah oleh KH Djakri Nappu.

Selain itu, pasar pangan murah ini telah dilaksanakan beberapa lomba yakni, lomba Hafidz Qur’an, Lomba Stand oleh seluruh pengurus DWP lingkup Pemkot, dan lomba kuliah tujuh menit (Kultum) bagi Kepala OPD Lingkup Pemkot Kendari.

Untuk diketahui juara lomba Hafidz Qur’an yakni, Juara I: perwakilan dari RSUD Kota Kendari, Juara II: perwakilan Dinas Damkar Kota Kendari, Juara III: perwakilan Dinas Pertanian Kota Kendari. Hadiah diserahkan langsung oleh Sekda Kota Kendari.

Kemudian, untuk juara lomba Kultum yakni, Juara I dari Dinas BPBD Kota Kendari, Juara II dari Dinas Pertanian Kota Kendari, dan Juara III dari Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan, SDM dan Kerja Sama. Hadiah diserahkan langsung oleh Pj Wali Kota Kendari.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup telah membuka Gerakan Pangan Murah selama tiga hari dimulai pada 26-28 Maret 2024, yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari, bertempat di Halaman Kantor Balai Kota Kendari, Selasa (26/3/2024).

Kegiatan pangan murah itu, dalam rangka memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau. Berbagai jenis barang mulai dari bahan makanan hingga keperluan sehari-hari tersedia dengan harga yang sangat bersahabat, memudahkan masyarakat dalam menghadapi puasa bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengatakan, kegiatan ini guna memberikan akses kepada masyarakat khususnya menghadapi puasa Ramadan dan Idul Fitri yang seringkali membutuhkan lebih banyak persiapan dari segi kebutuhan.

“Tentu kehadiran pasar pangan murah ini harganya relatif lebih terjangkau daripada yang ada dipasaran, karena adanya subsidi dari pemerintah dan harga dari distributor. Masyarakat Kota Kendari hendaknya dapat memanfaatkan pasar pangan murah ini dengan baik dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Gerakan pasar murah yang diselenggarakan oleh DWP Kota Kendari ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat di bulan Ramadan, tetapi juga menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan solidaritas antara pemerintah dan mayarakat, serta menginspirasi langkah-langkah positif lainnya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat Kota Kendari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Kendari Abdul Rauf, di Kendari, Jumat, mengatakan pelaksanaan GPM ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terutama di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“GPM sudah mulai dilakukan di beberapa titik yang telah disusun secara bergantian di seluruh kecamatan yang ada di Kota Kendari guna menyambut Hari Besar Keagamaan nasional (HKBN) 2024,” kata Abdul Rauf.

Ia mengatakan, sesuai jadwal yang telah disusun, GPM  akan dilakukan di 12 titik lokasi di Kota Kendari yakni 19 Maret di Kecamatan Wua – Wua, 20 Maret di Kecamatan Baruga, 21 Maret di kecamatan Kambu, 27 Maret di Kecamatan Poasia, 28 Maret di Kecamatan Abeli, 29 Maret di Kecamatan Nambo.

Kemudian 3 April di Kecamatan Kendari Barat, 4 April di Kecamatan Kendari, 5 April di Kecamatan Mandonga, kemudian 1 dan 8 Mei dilakukan di Kecamatan Puuwatu.

Menurutnya pelaksanaan GPM selain untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau juga akan secara tidak langsung berimplikasi terhadap pengendalian inflasi.(adv)

  • Bagikan