60 Kader KB Kabupaten Buton Ikuti Orientasi Pengunaan KKA

  • Bagikan

Buton, sibernas.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton mengelar orientasi penggunaan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi kelompok Bina Keluarga Balita (BKB). Kegiatan tersebut diikuti 60 kader BKB se Kabupaten Buton yang bertempat di aula kantor Bupati Buton, Sabtu, 15/6/2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta percepatan penurunan stunting.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Buton, Sarnia, SKM, M.Si, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan orientasi penggunaan KKA bagi kelompok BKB dengan tujuan penggunaan KKA tersebut untuk memantau perkembangan anak secara bertahap setiap bulannya mulai dari 0 sampai 72 bulan (6 tahun).

“Pemantauan perkembangan melalui KKA maka deteksi gangguan atau penyimpangan perkembangan dapat dilakukan dan terdeteksi lebih awal, dengan demikian dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam pengisian KKA mengingat kader-kader yang paling dekat dengan masyarakat,” katanya.

Lanjut, tahun 2024 jumlah sasaran sebanyak kelompok BKB yang sudah terdaftar di New Siga, di kecamatan.

Pada kegiatan orientasi kali ini juga diberikan di berikan materi dari Tim BKKBN Sultra, Iklamin, S.Sos dengan materi bertajuk “Cegah Stunting, Melalui Pantauan Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan”.

Melalui kegiatan ini diharapkan sinergi kerja bersama untuk mengoptimalkan kelompok BKB di Kabupaten Buton dapat mendukung optimalisasi penggunaan KKA sebagai bagian dari upaya percepatan penurunan stunting yang rapornya bisa dievaluasi pada akhir tahun 2024.

Penulis : Mujahidin (Humas BKKBN Sultra)

  • Bagikan