Pj Wali Kota Kendari Launching Penanaman Cabai dan Tomat di SMPN 2 Kendari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup melaunching Penanaman Cabai dan Tomat serta Gerakan Pangan Murah di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kendari, Selasa (16/1/2024).

Hal itu dilakukan, dalam rangka menekan laju inflasi di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra). Pada kegiatan tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Kendari, Kepala BI Sultra, Bulog Sultra, Kadin, Ketua DPRD Kota Kendari, Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah serta para guru dan siswa/siswi SMPN 2 Kendari.

Mengawali sambutan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Saemina mengatakan terdapat sejuta bibit cabai dan tomat yang ditanam hari ini tersebar di 126 SD dan 42 SMP.

“Alhamdulillah kita telah melaksanakan launching pertama untuk penanaman cabai dan tomat ini,”ungkapnya.

Ia berharap, dengan dilaunchingnya penanaman secara serentak ini, satuan pendidikan dapat berkontribusi dalam upaya Pemkot menekan laju inflasi.

“Harapannya kita bisa menurunkan angka inflasi di Kota Kendari, karena cabai dan tomat termasuk 20 komoditi penyumbang inflasi,”harapnya.

Sebelum melaunching Penanaman Cabai dan Tomat, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup dalam sambutannya mengatakan, cabai dan tomat termasuk komoditas penyumbang inflasi, olehnya itu pihaknya gencar melakukan penanaman bibit di seluruh satuan pendidikan yang ada di Kota Kendari.

Terlebih, memasuki bulan suci Ramadhan segala kebutuhan mengalami kenaikan harga, untuk itu pemkot berupaya mengantisipasi dengan gerakan penanaman bibit cabai dan tomat dengan harapan tiga hingga empat bulan kedepan dapat dipanen.

“Saya meminta untuk kita sama-sama mengantisipasi lonjakan harga daripada cabai dan tomat ini,”pintanya.

Bahkan, ia mengajak sekolah-sekolah yang ada di Kota Kendari untuk memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami bukan hanya cabai dan tomat, melainkan bawang merah hingga bawang putih bila memungkinkan.

“Karena inflasi yang disebabkan cabai dan tomat memberikan dampak signifikan terhadap rumah tangga, maupun usaha kuliner yang ada. Dampak terluas nya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara regional maupun nasional,”katanya.

Untuk diketahui, kegiatan itu dirangkaikan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup yang ke 54 tahun.

  • Bagikan