Pj Wali Kota Kendari Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 Tahun 

  • Bagikan

Konsel, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024. Upacara dilaksanakan di Military Apron Pangkalan TNI Angkatan Udara HO, Sabtu (5/10/2024).

Upacara perayaan hari militer tahun ini mengusung tema “TNI Modern bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

Danrem 143/HO Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto yang menjadi Inspektur Upacara mengatakan, tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut yaitu bahwa prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan penanggungjawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju,” ujarnya saat membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Selain itu juga, Danrem 143/HO mengatakan, para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis, sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara alutsista yang berteknologi tinggi.

“Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan,” tambahnya.

Selanjutnya, Danrem 143/HO juga mengingatkan kepada para prajurit TNI bahwa, TNI dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi.

Untuk diketahui, Upacara Peringatan HUT ke-79 TNI ini diikuti juga oleh Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Forkopimda se-Provinsi Sulawesi Tenggara, Penjabat Bupati/Wali Kota se-Sulawesi Tenggara.

  • Bagikan