Momen Peringatan Bulan K3, PT DSSP Power Kendari Terima Penghargaan Zero Accident Award

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budi Revianto memberikan penghargaan kepada PT DSSP Power Kendari karena dinilai telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 10 juta jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak September 2016 hingga Desember 2023.

Penghargaan itu diberikan disela-sela upacara peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2024 bersama tiga perusahaan lain yang juga menerima penghargaan, bertempat di Kantor Gubernur Sultra, Senin (15/01/24).

“Sejak beroperasi selama delapan tahun atau 10 juta jam kerja, hingga kini tidak ada satupun terjadi kasus kecelakaan kerja,” kata IPP Plant Head PT DSSP Power Kendari Hasmunir.

Menurut Hasmunir, Zero kecelakaan kerja tersebut merupakan bentuk kerja keras pihak perusahaan bersama lebih dari 200 karyawan maupun vendor dan kontraktor, dengan berkomitmen mewujudkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) yang berorientasi pada Preventif atau pencegahan.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sultra meminta seluruh perusahaan termasuk pekerja merubah mindset dan cara kerja untuk mengurangi angka kecelakaan ditempat kerja.

“Saya meminta seluruh pekerja dan pihak perusahaan merubah mindset dan cara bekerja untuk mengurangi kecelakaan kerja yakni kerja lebih cepat, tepat, iklas dan akuntable yang diawali dengan disiplin kerja,” tegas Andap.

Menurut Andap, terjadinya kecelakaan kerja selama ini, salah satunya akibat kurangnya penerapan disiplin kerja oleh pekerja dan pihak pemberi kerja.

Tiga perusahaan dengan angka kecelakaan nihil (zero accident award) dan bantuan kepada penerima ahli waris, yakni :

1. PT DSSP Power Kendari, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 10.000.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak September 2016 sampai dengan Desember 2023;

2. PT Putra Perkasa Abadi Site MLP, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 7.500.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja sejak Januari 2021 sampai dengan Desember 2023;

3. PT Apollo Nickel Indonesia, telah melaksanakan program K3 sehingga mencapai 2.000.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan.

  • Bagikan