Ikuti PKN, Kadis Pertanian Kota Kendari Buat Proper Berjudul “Gerak Tangkas”

  • Bagikan
Sahuriyanto saat saminar Rancangan Proyek Perubahan

Kendari, Sibernas.id – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kota Kendari Sahuriyanto membuat proyek perubahan (proper) berjudul “Gerak Tangkas” saat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan X tahun 2024 yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Gerak Tangkas merupakan singkatan dari Gerakan Tanam Pemanfaatan Pekarangan dan Lahan Kosong Berbasis Kawasan.

Kadis Pertanian Kota Kendari Sahuriyanto menjelaskan latar belakang lahirnya judul tersebut adalah kurang optimalnya pemanfaatan pekarangan dan lahan kosong di setiap wilayah Kota Kendari.

“Kemarin (Kamis 4/7/24) tahapan seminar Rancangan Proyek Perubahan. SDH mau lanjut implementasi Proyek Perubahan selama dua bulan kedepan sampai bulan September,” katanya kepada media ini.

Alasan menangkat judul ini kata dia, karena masih banyak pekarangan yang belum dimanfaatkan, lahan kosong terbengkalai, belum optimalnya kolaborasi dan sinergi dengan stakeholder mengenai program pemanfaatan pekarangan dan lahan kosong, dan peningkatan kapasitas penyuluh masih belum maksimal.

“Sehingga kita harapkan pemanfaatan pekarangan bisa secara optimal di setiap kawasan pekarangan, sekolah, instansi pemerintah dan swasta. Dengan begitu dibutuhkan sinergi antara Dinas Pertanian dan Perangkat Daerah terkait dalam penanganan kemiskinan dan inflasi di Kota Kendari,”harapnya.

Diketahui lahan pekarangan yang tersedia di Kota Kendari, yaitu, Kawasan Bumi Perkemahan Abeli Dalam seluas 48.000 M2, Kawasan Anggamomelai seluas 7.500 M2, Kawasa Petoaha seluas 29.500 M2, Kawasan Poasia seluas 2.500 M2, Kawasan Tower Haji seluas 120.000 M2, Kawasan Lahan Milik Warga seluas 707. 100 M2.

Yang menjadi mentor dalam karya ini adalah Dr. Drs. H. Ridwansyah Taridala, M.Si (Sekda Kota Kendari), Coach adalah Ir. Brisma Renaldi MM dan penguji adalah Roby (LAN RI).

  • Bagikan