Disbudpar Kendari Siap Tata Kawasan Kali Kadia Jadi Ikon Wisata Unggulan

  • Bagikan
kadis Budpar Kendari, Herman, bersama Plh Wali kota Kendari, Ridwansyah taridala saat tinjau kawasan Kali Kadia

Kendari, Sibernas.id – Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari, Herman menyampaikan bahwa pihaknya dipercayakan untuk menata kawasan yang ada di jalan Antero hamra depan Hotel Plaza inn sepanjang 480 meter.

“Kami akan menata kawasan ini mulai dari mengatur lapak yang akan ditempatkan di lokasi tersebut, mulai dari taman, lapak jualan, serta prasarana lainnya, yang jelas memaksimalkan anggaran yang ada dan bersumber dari APBD murni, insyaallah kami akan tata membuat kawasan tersebut indah dan akan menjadi icon kota Kendari dan membuat nyaman masyarakat dalam beraktifitas baik menikmati wisata kuliner, olahraga dan lainnya,” kata Herman, saat meninjau kawasan kali kadia Bersama Plh Wali Kota Kendari, Ridwansyah taridala dan Dinas PUPR, Jumat (7/7/23).

Herman yakin, penampakan bantaran Kali Kadia akan semakin tertata sehingga dapat menarik khususnya masyarakat Kota Kendari untuk menjadikan tempat bersantai dan menjadikan tempat wisata.

Sehingga kata dia, tidaklah berlebihan, kalau kawasan kali Kadia didedikasikan sebagai spot wisata baru. Pasalnya, sisi Kali Kadia sudah ditata semenarik mungkin. Lengkap dengan fasilitas jogging track, lampu hias, dan railing dari besi stainlees anti karat.

“Sangat cocok digunakan untuk berolahraga atau berwisata diakhir pekan. Untuk itu kami harapkan masyarakat bisa menjaga lingkungan diseputar kali kadia. Intinya, kita ingin kasi indah tempat ini, sehingga kalau indah pasti orang akan senang untuk terus berkunjung,” katanya.

Bukan hanya itu, penataan Kali Kadia bukan hanya mempercantik view sungai, melainkan meningkatkan fungsinya sebagai pencegah banjir. Hal tersebut didukung rencana pemasangan rang penahan sampah dan lumpur dari hulu.

Berharap pada masyarakat agar dapat menikamatinya dan juga memelihara, serta menjaga sehingga penataan suasana di Kali Kadia ini bisa terus dinikmati dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Sementara itu, Plh Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menjelaskan, saat ini pemerintah Kota Kendari akan melanjutkan penataan kali Kadia yang sudah dua tahun terakhir dilakukan.

Sekretaris daerah Kota Kendari ini meminta, masyarakat yang memanfaatkan kali Kadia bersama – sama pemerintah Kota Kendari menjaga kawasan ruang terbuka hijau (RTH) ini.

“Paling tidak kita bersama-sama menjaga kebersihan dan ketertiban agar bisa dinikmati oleh warga kota Kendari maupun orang dari luar kota yang berkunjung,” ungkap Sekda Kota Kendari.

titik jogging track di Kawasan Kali Kadia

Pemerintah Kota Kendari juga, lanjut Sekda, memberikan apresiasi pada para pedagang yang selama ini beraktivitas di sekitar kali Kadia, dengan sukarela pindah di beberapa tempat yang sudah disediakan, seperti pasar PKL maupun tempat lainnya.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah Kota Kendari melalui Dinas PUPR akan melanjutkan penataan kali Kadia agar lebih estetik dan bisa dimanfaatkan warga untuk tempat berinteraksi sosial.(ADV)

 

  • Bagikan