Bupati Konsel Launching Penyaluran Bantuan Paket Sembako Bagi Masyarakat Kurang Mampu

  • Bagikan

Konsel, sibernas.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) H Surunuddin Dangga membuka kegiatan Launching Bantuan Paket Sembako dalam rangka penanganan inflasi bagi keluarga miskin dan kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Konsel.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Forkompinda, Kepala OPD lingkup Konsel, Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Laeya, yang bertempat di Kantor Camat Laeya, Kamis, (9/11/2023)

Dalam sambutannya, Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga mengatakan, komitmen pemerintah daerah dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dengan selalu mengedepankan sumber data yang valid, agar penyaluran bantuan tepat pada sasaran.

“Pemberian paket sembako ini, guna membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka menjawab tugas dan fungsi pemerintah, namun kami tidak terlepas daripada data-data masyarakat yang benar telah masuk dalam kategori miskin dan miskin ekstrim,” ucap Surunuddin.

Surunuddin berharap, melalui launching penyerahan bantuan kemiskinan ekstrem dapat memberikan dampak sosial bagi masyarakat terkait soal kebutuhan pangan dan naiknya harga komoditas kebutuhan di masyarakat.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi bapak ibu sekalian. Ingat bantuan ini tidak untuk dijual kembali melainkan, sebagai penunjang kehidupan untuk beberapa bulan kedepan,” pinta Surunuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Konsel, Nurlita jaya mengatakan, kegiatan pelaksanaan penanganan inflasi ini bagi masyarakat miskin yang belum menerima bantuan sosial baik PKH maupun BPNT.

“Penerima bantuan ini bagi keluarga miskin dan miskin ekstrim dengan jumlah 1.343 penerima se- Kabupaten Konsel,”ungkap Nurlita

Paket yang diberikan, kata dia, terdiri dari beras medium 10 kilogram, gula pasir 2 kilogram, minyak goreng 2 liter, susu kaleng dan telur ayam.

“penyalurannya dimulai hari ini (9/11/2023) sampai dengan 28 November 2023, dengan jumlah Keluarga miskin 127 dan Miskin Ekstrim 1.216 jiwa,”jelasnya

Nurlita menambahkan, dalam rangka memperingati momentum Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023. pihaknya akan menayangkan data realisasi labelisasi rumah bansos PKH dan BPNT, data kemiskinan berdasarkan data penerima bansos sekaligus data kemiskinan ekstrim melalui hasil verifikasi di lapangan bersama camat, Kepala Desa dan Lurah.

“Kegiatan ini akan dihadiri 351 Desa dan ini momentum yang sangat baik dalam pengentasan kemiskinan. Target kita 2024 zero kemiskinan ekstrim,”tutupnya

  • Bagikan