ASN Konsel Diajak Netral di Pemilu dan Pilpres 2024

  • Bagikan

Konsel, sibernas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daftar Caleg Tetap (DCT) untuk Pemilihan legislatif pada tanggal 3 November 2024 lalu. Begitu juga dengan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, KPU juga telah menatapkan tiga pasangan calon yag akan berlaga di Piplres 14 Fenruari 2024 mendatang.

Terkait penetapan DCT dan Pasangan Capres-Cawapres RI, Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga mengajak dan meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dalam Pilcaleg dan Pilpres. Pilihannya ditentukan pada saat hendak menggunakan hak pilihnya di bilik suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Saya ini kan Bupati. Tentunya di Pemilu dan Pilpres akan bersikap netral terhadap seluruh peserta Pemilu dan pasangan calon Presiden. Begitu juga kepada seluruh pejabat dan ASN di Konawe Selatan diminta dan dihimbau untuk netral,”ujar Surunuddin saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tugasnya sebagai Bupati adalah memimpin daerah untuk membangun dan mensejahterakan rakyat. Karena itu Pemilu dan Pilpres yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang untuk disukseskan dengan adil dan aman.

“Kalau saya pimpinan Parpol atau pengurus Parpol, tentunya saya akan mengarah ke Parpol atau caleg Parpol yang saya pimpin. Begitu juga kepada calon Presiden dan Wakil Presiden tentunya akan mendukung sesuai dukungan Parpol. Hanya saja saat ini saya tidak lagi sebagai pengurus atau Pimpinan Parpol, karena itu saya netral,”tegasnya.

Bupati Konsel dua periode itu mengaku, terkait Pemilu dan Pilpres dalam setiap moment dan kesempatan, telah meminta dan mengajak seluruh ASN untuk tidak terlibat politik praktis atau netral. Hak pilihnya akan digunakan pada saat di bilik suara di TPS masing masing.

“Kami pemerintah itu bagaimana menjalankan sesuai aturan dan menjaga agar pelaksanaan pesta rakyat lima tahunan terlaksana dengan baik dan sukses,”katanya menambahkan.

Mantan ketua DPD Partai Golkar dan Ketua DPRD Konsel ini juga berharap, seluruh peserta Pemilu untuk bersama sama menjaga stabilitas dan keamanan. Termasuk juga mengajak seluruh masyarakat, termasuk ASN di Konsel untuk tidak golput atau tidak menyalurkan hak politiknya.

“Tentunya kami berharap seluruh masyarakat yang telah terpenuhi syarat memilih untuk tidak golput. Begitu juga kepada semua ASN, silahkan salurkan hak politiknya sesuai dengan pilihannya,”tutupnya.

  • Bagikan