Cakupan Vaksinasi Lansia di Konawe Capai 57,47  Persen

  • Bagikan
Kadis Dinkes konawe, drg Mawar Taligana

Konawe, Sibernas.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama kepada kelompok lanjut usia (lansia) di daerah itu sudah mencapai 57,47 persen dari 16.261 arget sasaran.

“Per 13 Mei 2022, cakupan vaksinasi di Konawe untuk lansia dosis satu mencapai 9.345 orang atau 57,47 persen dari sasaran kita,” kata Kepala Dinas Kesehatan Konawe, drg Mawar Taligana, di Unaaha, Sabtu.

Dia juga menyampaikan, untuk penerima vaksinasi dosis kedua atau lengkap di daerah tersebut saat ini mencapai 7.673 jiwa dengan persentase 47,13 persen dari target sasaran.

Sementara itu, untuk capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi lansia di daerah ini masih sangat rendah baru mencapai 4,43 persen atau 720 jiwa.

Dia mengimbau lansia di daerah ini untuk mengikuti dan melengkapi dosis vaksinasi di pusat layanan yang telah tersedia sehingga dapat membentuk ketahanan komunal dari pandemi COVID-19 dan varian haru jenis Omicron.

“Kelompok lansia dan anak usia enam sampai 11 tahun ini kan sebagai kelompok rentan dari COVID-19 maka kita mengimbau agar lansia ini bisa mengikuti vaksinasi hingga vaksin booster,” ujarnya.

Ia menegaskan, percepatan cakupan vaksinasi perlu dilakukan bukan hanya kepada lansia tetapi kepada anak termasuk masyarakat pada umumnya sehingga semakin terbentuk ketahanan komunal dari COVID-19.

  • Bagikan