Pj Bupati Konawe Kukuhkan Pengurus Dekranas Kabupaten Konawe

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id  – Penjabat (Pj) Bupati Konawe Stanley di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe secara resmi mengukuhkan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe, bertempat disalah satu Hotel di Konawe, Senin (21/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Konawe, Pengurus Dekranasda Kabupaten Konawe dan sejumlah tokoh masyarakat, pengrajin, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Konawe Stanley menyampaikan Dekranasda merupakan sebuah organisasi yang berada di bawah naungan Dinas Perindustrian.

“Organisasi ini memiliki tujuan utama untuk melakukan pembinaan terhadap industri kerajinan daerah. Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan kerajinan lokal, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang kaya akan kearifan lokal,”ujarnya.

Selain pembinaan, tambah dia, Dekranasda juga berperan dalam memfasilitasi promosi produk-produk lokal, terutama yang dihasilkan oleh kelompok usaha bersama (KUB).

“Fasilitasi ini sejalan dengan tujuan utama pemerintah daerah, yaitu memajukan industri kerajinan di Kabupaten Konawe,”katanya.

“Kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Dinas Perindustrian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), sangat penting dalam mendukung pengembangan industri kerajinan ini. Dengan sinergi yang kuat, kita dapat memfasilitasi, memonitor, dan memastikan produk-produk kerajinan lokal memiliki daya saing yang tinggi di pasar nasional maupun global,”tambah dia.

Dengan terbentuknya kepengurusan baru ini, Dekranasda Konawe diharapkan mampu membawa angin segar bagi perkembangan industri kerajinan di Kabupaten Konawe serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin lokal.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara pengukuhan dan penampilan produk-produk kerajinan khas Konawe yang dipamerkan kepada tamu undangan.

  • Bagikan