Kakanwil Kemenag Sultra Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Konawe

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Muhamad Saleh meresmikan Pemanfaatan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Konawe yang dibiayai dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2024, Senin (14/10/2024).

Turut hadir, Kepala Kantor Kemenag Kab. Konawe dan Kab. Kolaka Timur, Ketua Tim Kerja Bina Lembaga dan Sarpras KUA Bidang Urais serta Pelaksana pada Bidang Pendmad Kanwil Kemenag Sultra, Pejabat Pengawas dan segenap ASN Kankemenag Kabupaten Konawe serta Kepala KUA Kecamatan Konawe.

Kakanwil Kemenag Sultra Muhamad Saleh dalam sambutannya mengatakan, keberadaan KUA di tingkat Kecamatan sangat strategis dalam menjawab tantangan layanan dan permasalahan umat, khususnya dalam mewujudkan masyarakat yang beragama, beretika, dan berintegritas sesuai dengan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil’alamin.

“Pemanfaatan Kantor Urusan Agama ini dimaksudkan untuk mempercepat layanan administrasi sekaligus meningkatkan pelayanan keumatan di wilayah Kecamatan Konawe,”ungkapnya.

Muhamad Saleh menjelaskan, alasan penyediaan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji tersebut adalah sebagai salah satu Ikhtiar pemerintah melalui Kementerian Agama untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Konawe.

“Karena itu saya berharap, dengan keberadaan gedung yang mewah seperti ini, dapat selalu dirawat sekaligus mendorong peningkatan kualitas layanan umat khususnya ditingkat Kecamatan,” sebutnya.

Dalam tahun 2024, Kementerian Agama membangun enam lokasi gedung KUA di wilayah Sultra yang dibiayai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2024 yakni di Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Bombana, Muna dan Muna Barat.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Menteri Agama yang telah mendorong program revitalisasi Kantor Urusan Agama sebagai salah satu program prioritas di Kementerian Agama termasuk di Sultra,” jelasnya.

Dikesempatan tersebut, Saleh kembali mengingatkan dengan tegas kepada jajaran ASN Kemenag Sultra, agar senantiasa menjaga netralitas menjelang Pemilukada serentak tahun 2024, serta bijak dalam bermedia sosial dan tidak menyebarluaskan berita hoax, mengadu domba dan yang bersifat propaganda.

  • Bagikan