Wakili Pj Wali Kota Kendari, Asisten I Buka Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula pada Pilkada 2024

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan sosialisasi bagi pemilih pemula dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari tahun 2024 di Aula Samataru Balai Kota Kendari, Kamis (26/09/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Penjabat Wali Kota Kendari Muhammad Yusup yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kota Kendari Amir Hasan, dan diikuti oleh siswa-siswi dari beberapa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kendari, yaitu SMAN 2 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 9 Kendari, dan SMK 2 Kendari.

Dalam sambutannya, Asisten I Pemerintah Kota Kendari, Amir Hasan, mengatakan kegiatan ini penting untuk dilaksanakan sebab mengedukasi sekaligus mempererat tali persaudaraan generasi muda.

Sosialisasi ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya generasi muda, dalam Pemilukada 2024. Selain itu, dalam sosialisasi ini dibahas mengenai pentingnya menjaga integritas dalam pemilu serta menghindari praktik politik uang yang dapat merusak proses demokrasi.

“Kegiatan sosialisasi ini penting sebab selain mengedukasi tentang pemilihan kepala daerah (pilkada), ini juga dapat mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan generasi muda sehingga nanti peserta dapat memiliki pemahaman yang mendalam terkait pemilihan suara, tanpa ada kepentingan perorangan atau kelompok,” katanya.

Ia menyampaikan, pendidikan politik kepada pemilih pemula dimaksudkan agar pemilih pemula memahami dan mengetahui hak dan kewajiban dalam berpolitik, terutama dalam hak pilih bagi warga masyarakat yang telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Melalui sosialisasi ini pihaknya menyampaikan bahwa seluruh peserta sosialisasi terutama siswa siswi SMA/SMK yang merupakan pemilih pemula mesti mempunyai semangat untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 di Kota Kendari.

Selain itu, ia menegaskan untuk menjalankan pesta demokrasi dengan baik dan tidak tergiur dengan money politik. Serta sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan berintegritas sehingga kita dapat melahirkan pemimpin Kota Kendari yang berkualitas, amanah dan dapat membawa perubahan yang baik bagi kemajuan daerah kota Kendari yang kita cintai bersama.

Terakhir dirinya berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kota Kendari dapat terlaksana dengan baik.

“Saya berharap agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah di kota kendari tahun 2024 dapat terlaksana secara damai dan berintegritas,”harapnya.

  • Bagikan