Sambut Kepulangan Jamaah Haji, Berikut Pesan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Konawe Harmin Ramba menerima kedatangan Jamaah Haji Kabupaten Konawe yang kembali dari Mekkah yang berlangsung meriah di Aula kantor Kementerian Agama di Unaaha, Senin (15/07/24).

Dalam sambutannya, Harmin Ramba mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah Haji yang telah menunaikan ibadah dengan baik. Bupati juga mengingatkan para jamaah untuk membagikan pengalaman dan nilai-nilai positif yang diperoleh selama di Tanah Suci kepada masyarakat.

“Saya berpesan bahwa predikat Haji Mabrur dan Hajjah Mabrurah yang telah disandang merupakan lambang kepribadian islam hendaknya dapat menjadi enteng diri untuk bersikap tawadhu dan menjadi contoh ditengah masyarakat,” ujar Pj Bupati.

Selanjutnya Harmin Ramba juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia haji Kabupaten Konawe, yang telah berjuang keras melayani para tamu Allah dengan baik.

Mendengar berita duka mengenai warganya yang wafat di tanah suci, Harmin Ramba langsung menyatakan turut berduka cita dan belasungkawa.

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Konawe, kami mengucapkan belasungkawa dan dukacita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Jama’ah haji bernama Almarhumah Ibu Nurhanah,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap keluarga yang ditinggalkan senantiasa sabar dan ikhlas atas musibah tersebut.

“Semua ini kehendak Allah SWT. Kita yang ditinggalkan terus berdoa, sabar, tawakal dan ikhlas dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga selalu tabah menjalani cobaan ini,” ucapnya.

“Terima kasih juga seluruh panitia yang dengan dedikasinya mengurus para tamu-tamu Allah. Semoga Allah membalas semua kebaikannya,” pungkasnya

Ditempat yang sama Keoala Kantor Agama Kementerian agama kabupaten Konawe, H. Ahmad Lita R, menjelaskan terkait jamaah haji asal konawe. “Jadi jumlah secara keseluruhan jamaah haji konawe itu berjumlah 146 orang dan duanya tidak ikut diberangkatkan karena di indikasikan terkena sakit (TB),” sebutnya.

Ia juga membenarkan adanya Jemaah haji asal konawe yang meninggal dunia, informasi yang kami dapatkan melalui, Kasi PHU, (Misra) akibat kelelahan

Terakhir ia juga mengharapkan pihak pemerintah daerah Kedepannya agar keterlibatan pemerintah daerah, kiranya bisa ikut terlibat dalam proses memfasilitasi transportasi perjalanan jamaah haji, yang terkait dari Konawe ke emberkasi Makassar, karena sesuai amanah UU Ke Hajian.

“Semoga kedepannya Pemerintah daerah bisa lebih peduli kepada jama’ah haji,” harapnya.

Acara tersebut dihadiri juga, Kabag SDM Polres Konawe, Deddy Sutrisno, S.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe, H. Ahmad Lita R. S.Ag, M.Pd, para Pimpinan OPD Pemkab Konawe,  Ketua DWP Kemenag Yuni Ahmad Lita.

  • Bagikan