Bupati Konawe Utara Luncurkan Unit Reaksi Cepat Penanganan Kemiskinan Esktrim Inflasi dan Stunting

  • Bagikan

Konawe Utara, Sibernas.id – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaunching Tim Unit Reaksi Cepat Penanganan Kemiskinan Ektrim, Inflasi dan Stunting (URC-KISS).

Peluncuran program ini dilakukan langsung Oleh Bupati Konawe Utara H. Ruksamin di dampingi Forkopimda dan juga Para Kepala OPD terkait, Senin (17/4/23).

“Upaya penghapusan kemiskinan ektrim, inflasi dan juga stunting ini merujuk intruksi kemendagri yang memang menjadi prioritas Pemerintah Indonesia,” kata bupati.

Untuk itu kata Ruksamin, Pemerintah Konawe Utara merespon dengan cepat arahan tersebut sehingga masalah prioritas ini tidak sampai terjadi di Kabupaten Konawe Utara meskipun angka kemiskinan, inflasi dan stunting belum sepenuhnya hilang dari daerah itu.

“Hari ini kita melakukan sebuah inovasi peluncuran URC-KISS secara selaras bersamaan kita lakukan. Kita menuju titik yang sudah ada siapa yang kena stunting, siapa yang kena kemiskinan ekstrim. Kita bawakan berbagai jenis bahan dari sosial, BKKBN, Dinkes untuk melalukan penanganan. Insya Allah optimis tahun 2024 kemiskinan ekstrim terhapus dari Konawe Utara,” kata Ruksamin.

Setelah membuka secara resmi Program TIM URC KISS, Bupati Konawe Utara kemudian bertolak ke rumah warga yang berlokasi di Desa Lomondowo dan Lahimbua dengan menggunakan motor trail di dampingi aparat keamaan.

Sesampaianya di lokasi tersebut, Ruksamin kemudian di sambut oleh warga yang sumringah karena di kunjungi langsung oleh Orang No1 tersebut.

“Kami sangat senang di kunjungi langsung oleh Bupati Konut H.Ruksamin karena beliau langsung bertatap muka dengan kami dan mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat setempat jarang ada bupati seperti ini bisa bertatp muka secara langsung,” ujar salah seorang warga yang berada di lokasi penanganan kemiskinan ektrim.

Kemudian sesampainya di rumah warga yang anaknya terindikasi stunting, Ruksamin menyampaiakan bahwa pemerintah daerah sangat serius dalam mengatasi masalah tersebut.

“Jangan ada anak di konawe utara yang terindikasi stunting karena kurang bahan makanan kalo ada kekurangan segera laporkan ke pemerintah daerah kami akan turun tangan langsung menyelesaikan masalah tersebut,” katanya.

Setelah menerima keluhan warga, Bupati memberikan bantuan sembako dan juga daging segar kepada masyarakat yang sudah di data sebelumnya.

“Hari ini secara simbolis kami serahkan bantuan ke 4 kepala keluarga namun tidak sampai disini bagi masyarakat yang sudah di data akan diberikan bantuan secara bertahap sampai semua yang sudah didata mendapatkan haknya,” ujarnya.

Setelah pemberian bantuan selesai Bupati langsung menuju pelataran Kantor Bupati untuk melanjutkan kegiataan Pasar Murah yang diadakan oleh Dinas Perindag yang bertujuan untuk menekan angka inflasi di Konawe Utara.

  • Bagikan