Disdalduk KB Kendari Canangkan Kampung Keluarga Berkualitas dan Dapur Sehat

  • Bagikan
Suasana rapat pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas dan Dapur Sehat

Kendari, sibernas.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) canangkan kampung keluarga berkualitas di Kelurahan Alolama dan dapur sehat atasi stunting di Kelurahan Labibia.

Pencanangan kegiatan ini dilakukan Staf Ahli Wali Kota Kendari Moh Nur Rasak, Selasa (6/12/2022).

Dia menjelaskan, paradigma baru dari pembentukan kampung keluarga berkualitas adalah upaya untuk mendekatkan pelayanan dan pembangunan sektor yang terintegrasi ke perkampungan ditingkat kelurahan yang diharapkan dapat mewujudkan pembangunan keluarga yang berkualitas.

“Keberhasilan program dapat dilihat dari beberapa aspek. Pertama, aspek pengendalian kuantitas penduduk. Kedua, aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga terlihat melalui indikator sebagai pencerminan dari pelaksanaan delapan fungsi keluarga,” katanya.

Dia mengaku, pemerintah Kota Kendari sangat mengapresiasi pelaksanaan program kampung keluarga berkualitas yang bersinergi lintas sektoral dengan memberdayakan masyarakat sampai ke level RT/RW.

Keberhasilan program kampung keluarga berkualitas, lanjutnya, sangat dipengaruhi komitmen serta kerja keras dari sistem yang terpadu dan terintegrasi antar pemerintah dan lintas sektor baik vertikal maupun horizontal, OPD, LSM dan pihak swasta, media dan dukungan mitra kerja/stakeholders terutama adalah dedikasi pengelola teknis program kampung keluarga berkualitas.

“Kampung keluarga berkualitas dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan dan pembinaan karakter keluarga. kampung keluarga berkualitas dilaksanakan di satuan wilayah setingkat RT/RW, kelurahan dengan kriteria tertentu, didalamnya terdapat keterpaduan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga, kampung keluarga berkualitas dan sektor terkait dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas, prinsip program ini adalah melaksanakan fungsi-fungsi keluarga,”terangnya.

 

  • Bagikan