Wagub Sultra Hadiri Reuni Akbar dan HUT SMAN 1 Lembo

  • Bagikan
Wagub Sultra saat memotong nasi tumpeng pada acara Reuni Akbar dan HUT SMAN 1 Lembo

Konawe Utara, sibernas.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menghadiri acara Reuni Akbar dan Hari Ulang Tahun SMAN 1 Lembo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Rabu, 18 Januari 2023.

Setibanya di SMAN 1 Lembo, Wakil Gubernur dan rombongan disambut tari mondotambe oleh siswa-siswi SMAN 1 Lembo, setelah itu Wagub langsung mengunjungi pameran hasil karya siswa-siswi SMAN 1 Lembo di bangunan kelas. Kemudian, Wagub Sultra mengunjungi pengobatan gratis yang digelar juga di SMAN 1 Lembo.

Turut mendampingi Wagub mengunjungi pameran dan pengobatan gratis, yakni Wakil Bupati Konut, Ketua Komite SMAN 1 Lembo, para anggota DPRD Provinsi Sultra dan DPRD Konut, Camat Lembo, para Kepala Desa, Kepala Dinas Cabang Konawe-Kolut, para Kepala SMA se-Kabupaten Konut.

Setelah puas melihat pameran dan pengobatan gratis, Wagub Sultra langsung menuju tempat acara puncak peringatan Reuni Akbar dan Ultah SMAN 1 Lembo, yang diawali dengan acara “Sara Mondetambe” yang merupakan adat budaya tolaki yang bermakna sebagai penghargaan masyarakat kepada pimpinan daerah yang berkunjung di daerahnya.

Pada laporannya, Ketua panitia perayaan Ulang Tahun dan Reuni Akbar SMAN 1 Lembo, Arsyad mengatakan, bahwa rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh para undangan serta para panitia yang telah menyiapkan acara ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“SMAN 1 Lembo yang merayakan Ulang Tahun ke 33 tahun dapat terlaksana berdasar agenda tahunan dan juga mengingat bahwa SMA ini pada tahun 1991 nomenklaturnya bernama SMA Benua Lembo dan pada tahun 2008 SMA Benua di negeri kan tepatnya tanggal 8 Januari 2008,” jelasnya

Kepala SMAN 1 Lembo Yunus mengatakan, SMAN 1 Lembo sudah sekian lama (33-tahun) baru diselenggarakan ulang tahun, karena selama 1 tahun kepemimpinannya, SMAN 1 Lembo mendapatkan akreditasi A dari Lembaga Asesor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI,

“Sehingga saya melakukan koordinasi kepada pemangku kepentingan di Provinsi dan Kabupaten untuk menyelenggarakan perayaan ulang tahun dan sekaligus reuni akbar,”katanya.

Dia juga menyebutkan ada 8 Kepala SMAN yang pernah menjabat, dan yang ke 9 adalah dirinya sampai menjadi sekolah yang terbaik di Kabupaten Konawe Utara.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, waktu itu SMA ini adalah sekolah swasta yang dibina oleh yayasan dan pada tahun 2008 dinegerikan.

Waktu itu, lanjutnya, dirinya masih menjabat sebagai Kepala Dinas PK Konawe dan saat ini Konawe Utara belum menjadi daerah otonomi baru.

“Untuk itu, saya harapkan SMA Lembo ini dapat mencetak bibit unggul, dikarenakan sekolah ini telah terakreditasi A dan mendapat grade tertinggi di Kabupaten Konawe Utara,”harapnya.

Ia mengapresiasi kepada Kepala Sekolah dan Siswa-Siswi serta orangtua dapat saling mendukung dalam memajukan dan mempertahankan grade akreditasi A tersebut.

Selain itu, ia juga mengharapkan agar sekolah ini dapat ditata baik, dengan menanam bunga dihalaman kelas dan pohon-pohon penahan angin di belakang dan samping sekolah, karena sekolah ini berada dekat dengan pantai yang mwnghembuskan angin kencang setiap saat.

Selanjutnya, menyahuti usulan kepala sekolah dan ketua komite agar sekolah ini dapat dikembangkan keatas, bukan kesamping karena lokasi kosong sudah tidak ada, agar pihak komite bersama sekolah mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra yang akan dipantaunya.

Diakhir sambutannya, ia menyinggung tentang program prioritas kepemimpinannya bersama Gubernur Sultra (AMAN) yaitu Sultra Sehat dan telah mengirimkan tenaga-tenaga medis dari lembaga binaannya untuk melaksanakan sunatan serta pemeriksaan/pengobatan kesehatan secara gratis di lokasi acara Ulangtahun dan Reuni Akbar ini.

  • Bagikan