Pj Wali Kota Kendari Hadiri Pelantikan Kepala Perwakilan BPKP Sultra

  • Bagikan
Foto bersama usai pelantikan Kapala Perwakilan BPKP Sultra

Kendari, sibernas.id – Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menghadiri pelantikan dan pengukuhan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) Panut,

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Selasa (6/12/2022).

Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi mengucapkan selamat pada Kepala Perwakilan BPKP yang baru dikukuhkan dan berharap bisa segera menyesuaikan diri di Bumi Anoa ini.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih pada Kepala Perwakilan BPKP sebelumnya Nani Ulina Kartika yang sudah banyak membantu Pemda Sulawesi Tenggara utamanya dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sehingga Pemda Sulawesi Tenggara bisa mempertahankan opini WTP dari BPK.

“Semoga di tempat yang baru ibu semakin sukses dan tidak melupakan Sulawesi Tenggara itu yang penting bu,” ungkapnya.

Selain itu gubernur juga meminta para Kepala daerah untuk segera merealisasikan anggaran di awal tahun sesuai instruksi presiden karena penyerahan DIPA telah diserahkan beberapa hari lalu.

Sementara itu, Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto menjelaskan, di tahun 2022 ini BPKB telah melakukan pengawasan pada 18 pemerintah daerah di Sulawesi Tenggara terkait peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) untuk mengendalikan inflasi.

“Jumlah anggaran pengadaan barang dan jasa sebesar Rp18,01 triliun atau 80,16 persen dari total APBD Rp22,47 triliun. Belanja P3DN yang telah direncanakan dan dialokasikan untuk pengadaan barang dan jasa telah mencapai Rp7,3 triliun atau 40,53 persen dari nilai pengadaan barang dan jasa hal tersebut telah melampaui jumlah yang diamanatkan instruksi Presiden,” ungkapnya.

Dia menambah BPKP tetap berkomitmen dalam mendukung pemerintah daerah memajukan daerah otonominya sesuai potensi dan karakteristiknya masing-masing.

 

  • Bagikan