Pengamat: Ada Tiga Nama yang Akan Didukung PAN di Pilpres 2024

  • Bagikan

Jakarta, sibernas.id – Pengamat Politik Ray Rangkuti menyatakan PAN kemungkinan kuat akan mengusung duet Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024.

“Ganjar-Erick ini juga memiliki elektabilitas yang mumpuni untuk diusung oleh PAN,” kata Ray, di Jakarta, Rabu.

Hal itu, lanjut dia, tentu didorong oleh elektabilitas yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di dalam peta perpolitikan Indonesia.

Sinyal itu menguat karena belum lama ini PAN mendatangkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dalan acara pembekalan bacaleg Jateng. Di dalam acara tersebut bahkan teriakan capres dan cawapres menggema memenuhi ruangan.

“Ini cara PAN untuk menjodohkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir,” ujar Ray.

Pendiri Lingkar Madani (LIMA) itu, mengatakan pernyataan Ketum PAN Zulkifli Hasan juga semakin menguatkan. Di mana pria yang akrab disapa Zulhas tersebut mengatakan mayoritas dari arus bawah PAN di seluruh Indonesia menginginkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk diusung pada pilpres 2024.

“Ketum PAN juga sudah menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di Pilpres 2024,” ucap Ray.

Dia berpendapat, kedua figur itu memiliki hubungan dekat dengan partai koalisi PAN yakni PPP. Seperti diketahui PAN, PPP dan Golkar merupakan bagian dari KIB.

“Keduanya juga memiliki hubungan yang dekat dengan KIB jadi potensi untuk diusung itu sangat besar sekali,” tutur Ray.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebutkan PAN akan mempertimbangkan aspirasi dari DPW untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilu Serentak 2024.

“Tentunya DPP PAN akan mempertimbangkan dengan cermat aspirasi tersebut, apalagi memang hasil sejumlah survei Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu selalu menempati posisi teratas 3 Capres 2024,” kata Zulhas dalam keterangannya diterima di Jakarta Jumat (2/12).

Zulhas menampung aspirasi dari DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PAN di Pemilu Presiden 2024 lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Zulhas mengatakan nama Ganjar Pranowo selalu unggul diberbagai lembaga survei. Oleh karena itu, nama Ganjar disebut layak untuk dicalonkan PAN sebagai capres 2024.

Untuk Erick Thohir, Zulhas mengatakan DPW PAN mengundang Erick secara khusus untuk menghadiri peluncuran bakal calon legislatif PAN. Nama Erick Thohir, kata Zulhas juga mencuat sebagai cawapres di DPW PAN untuk Pilpres 2024.

“Nama Erick Thohir sebagai Cawapres 2024 juga mengemuka di sejumlah DPW PAN, dan selalu nyantol namanya pak Erick, kami pertimbangan matang semuanya,” kata Zulhas.

  • Bagikan