Gubernur Sambut Kedatangan Jamaah Haji Sultra Dalam Pesawat di Bandara Haluoleo

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi didampingi Kakanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin bersama Forkopimda Sultra secara resmi menerima kedatangan jamaah haji Sulawesi Tenggara Musim Haji 1443 H/2022 M. Jumat.

Kedatangan jemaah haji asal Sultra diterima di terima langsung Gubernur bersama Kakanwil dan Sekda Provinsi Sultra di atas pesawat setibanya di Bandara Halu Oleo Kendari.

Ali Mazi menyampaikan rasa syukur dan suka cita yang mendalam atas kembalinya seluruh jemaah haji Sultra di tanah air dan rombongan pertama telah tiba di Bumi Anoa dalam keadaan lengkap dan sehat.

“Pertama adalah menyukuri atas rahmat Allah SWT karena Jemaah Sultra pergi dan pulang masih dalam keadaan sehat walafiat, semua itu tergantung mereka ketika di Mekkah tentunya ada aturan dan ketentuan jemaah harus diikuti, Alhamdulillah kalau petunjuk dan semua aturan ada di Mekkah kita ikuti Insya Allah jemaah kita pasti sehat. Buktinya jemaah kita hari ini pulang dengan selamat, semuanya sehat juga setelah di PCR semuanya negatif,” kata gubernur.

Ia mengaku, kesehatan dan keselamatan jemaah haji Sultra mulai dari berangkat sampai ke tanah air menjadi prioritas pemerintah khususnya Kanwil Kemenag Sultra yang terus memberikan pendampingan kepada jemaah selama melaksanakan ibadah haji dengan tegline 3B (Bersama, Bersatu, Bersaudara).

“Tentu ini kita syukuri berkat doa masyarakat dan Kakanwil bersama-sama dengan jemaah haji sehingga mereka pulang dengan selamat, ” ucapnya.

Ali Mazi berharap, dengan keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini maka pemerintah pusat melalui Kementerian Agama dapat memberikan tambahan kuota bagi jemaah haji dan petugas haji di Sultra.

“Kita sudah bicarakan dengan Kakanwil bahkan petugas haji daerah juga kita minta ditambahkan. Dulu kita 14 orang petugas hajinya, tapi tahun ini hanya 6, namun tentu kebijakan ini tergantung dari pemerintah pusat dan Kementerian Agama,” pungkas gubernur.

Kakanwil Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin, mengapresiasi kepada jamaah haji yang telah mengikuti semua ketentuan dan aturan serta pendampingan dari pemerintah dan petugas haji.

“Jamaah haji Sultra dengan Spirit 3B Bersama, Bersatu, Bersaudara, kita kompak dari tanah air ke tanah suci, kompak pula dari tanah suci kembali ketanah air. Kesyukuran kita Jemaah Haji Sultra semuanya sehat, ” ungkap Kakanwil.

Disebtkan, jamaah haji Sultra secara bertahap kembali hari ini di Kendari melalui bandara halu oleo yakni kloter 6 dan sebagian kloter 7.

jamaah haji yang tergabung di kloter 6 berasal dari 4 Kabupaten yaitu Kota Kendari, Konawe, Konawe Utara, dan Muna Barat. Tiga Kabupaten/Kota melalui Kendari, dan 1 kabupaten yakni melalui Bandara Sugimanuru di Muna yang akan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat.

Untuk kloter 7, tergabung tujuh kabupaten dan kota tersebar pada kepulauan dan daratan, sehingga akan kembali secara bertahap hari ini dan besok sampai tanggal 8 Agustus, begitu pula pada kloter 8 yang sebagian merupakan jemaah haji Sultra.

“Kita mohon doanya lancar semua sampai tanggal 8 secara berangsur-angsur dari 17 Kab dan Kota yang tergabung dalam 3 Kloter akan tiba di daerah dan bertemu dengan keluarganya. Terima kasih juga dukungan media yang terus mengkonfirmasi dan mendoakan dan menyampaikan informasi ini kepada keluarga para jemaah,” tutur Kakanwil.

Untuk diketahui, total Jamaah Haji Sultra yang berjumlah 931 orang tersebut tergabung dalam tiga kloter yakni dua kloter penuh (kloter 6 dan kloter 7) dan satu kloter gabungan (kloter 8).

  • Bagikan