Pj Bupati Konawe Hadiri Deklarasi Damai Pemilu 2024

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Bupati Konawe Stanley, SE, S.SiT, MM, menghadiri Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Konawe- Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), bertempat di Aula Hotel Arisandi, Sabtu (21/9/2023).

Deklarasi bersama Bawaslu, KPU dan Partai Politik peserta Pemilu itu dihadiri Kajari Konawe, Kapolres dan Waka Polres Konawe, perwakilan Dandim 1417/HO Kendari, Kepala Kemenag, ketua KPU, ketua Bawaslu, pimpinan Parpol, para Camat, Danramil, Kapolsek dan berbagai unsur lainnya, Serta tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi Pilkada Damai ini mengangkat tema “melalui sinergitas Polri, Penyelenggara Pemilu, bersama wujudkan Pilkada yang aman tertib damai di kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara”.

Pembacaan deklarasi dipimpin Drs H. Yakob Akbar Moita, selaku Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan diikuti partai politik peserta Pemilu, Tokoh Agama Tokoh Adat Tokoh Masyarakat Tokoh Pemuda Tokoh Paguyuban Dan Organisasi Kemasyarakatan se Kabupaten Konawe.

Adapun, isi deklarasi Pemilu damai tahun 2024 yakni, pertama akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat. Kedua, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum. Ketiga, menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan Pemilihan kepala daerah kabupaten Konawe tahun 2024. Keempat menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah Polres Konawe Polda Sulawesi Tenggara.

Dikesempatan itu, P Bupati Konawe Stanley, SE, S.SiT, MM, dalam sambutannya berharap deklarasi yang dilakukan benar-benar mampu menciptakan suasana yang kondusif dikalangan para pendukung maupun peserta pemilu.

Atas nama Kepala pemerintah daerah Pejabat Bupati Konawe, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Konawe yang telah menginisiasi pelaksanaan deklarasi Pemilu damai tersebut.

Pejabat Bupati Konawe juga, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan suasana dan stabilitas keamanan menjelang Pemilu 2024 atau sesudah Pemilu sesuai tujuan digelarnya deklarasi ini.

“Mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat tidak semata-mata merupakan tugas Kepolisian saja, melainkan perlu kerjasama dari berbagai pihak. Sehingga, kami berharap agar kita saling mendukung mensukseskan penyelenggaraan Pemilu, ” katanya.

Stanley menilai bahwa kegiatan Deklarasi bersama stakeholder, Partai Politik, penyelenggara Pemilu, dan berbagai unsur ini sangat strategis dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif pada Pemilu 2024.

“Mewujudkan pemilu damai dan demokratis tidaklah semata menjadi tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintah seperti KPU, Atau Bawaslu. Melainkan Seluruh elemen masyarakat kabupaten Konawe untuk berperan aktif mendorong agar terwujudnya pesta demokrasi yang damai dan aman,”pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K, mengajak kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah terpengaruh, terprovokasi oleh informasi maupun berita-berita yang dapat memecah belah persaudaraan dan melunturkan kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik antar suku dan komunitas kebangsaan di Kabupaten Konawe.

“Tentunya situasi aman dan damai dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini merupakan harapan dan keinginan kita bersama demi tercapai situasi tersebut, maka sudah sepatutnya kita sebagai warga Konawe, dan seluruh komunitas, suku, bangsa, seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga Kamtibmas,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini kepercayaan di lingkungan masyarakat dengan adanya perbedaan pilihan adalah hal yang wajar tetapi prinsip bersama adalah menjaga persatuan dan kesatuan.

  • Bagikan