25 Desain Pembangunan Gerbang Batas Kota Kendari Akan Dinilai

  • Bagikan
Suasana rapat penilaian desain pembangunan batas Kota Kendari

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai menilai 25 desain pembangunan gerbang batas kota yang memuat unsur budaya suku Tolaki, di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda), Kamis (1/12/2022).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, ada kriteria penilaian oleh tim penilai.

“Alhamdulillah hari ini sudah sekitaran 20-an yang masuk karya, nanti kita liat bersama dan keputusannya ada di tim penilai,” katanya.

Penjabat Wali Kota Kendari juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra Mansyur Masie Abunawas, Bisman Saranani dan tim penilai desain gerbang batas Kota Kendari.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari Cornelius Padang bahwa saat ini sudah ada 25 desain yang masuk kepada panitia.

Dalam penilaian ini ada beberapa kriteria, kata Cornelius Padang salah satunya tentang kriteria yang memuat konsep estetika meliputi minimalis, modern dan nilai kearifan budaya lokal di Kota Kendari.

“Dalam konsep kearifan lokal ini ada tentang simbol, motif, corak lambang kemudian kalosara, gong, ta’awu dan arsitektur lokal,” jelasnya.

Selanjutnya, hasil dari penilaian ini berikutnya akan berlanjut ke sesi wawancara untuk menjelaskan konsep desain yang dibuat.

Rencananya sesi wawancara akan berlanjut pada Jumat (2/12/2022) besok. Untuk diketahui nomor desain yang rencananya akan mengikuti sesi pemaparan desain yaitu nomor desain 001, 0014, 0017, 0026, 0028 dan 0035.

 

  • Bagikan